Sosok: Perempuan Inspirasi Al Khansa Bin Amru

www.kinamariz.com
Perempuan Arab -Image Source by Google.com-
#SakinahMenulis-Pernah mendengar sosok Al-Khansa Bin Amru?
Dialah seorang wanita cantik yang terkenal dengan syair-syairnya yang menyentuh dan mampu membakar semangat para mujahid yang berjuang membela agama Allah.

Al-Khansa menikah dan mempunyai 4 putera. Dalam syair-syairnya, dia banyak bercerita betapa mulianya menjadi syuhada. Dia pun berpesan pada ke-4 anaknya untuk bersungguh-sungguh membantu 41.000 tentara Islam dalam melawan 200.000 tentara Farsi di pertempuran Kadisia.

Mulanya empat anak laki-laki itu takut, namun kobaran semangat dari sang ibunda mengiringi langkah mereka untuk syahid di medan perang. Tahun ke 14 Hijriyah, keempat puteranya syahid di medan yang sama. Tahukah kamu apa yang dikatakannya? Dengan ikhlas, dia berkata: “Segala puji bagi Allah, yang telah memuliakanku dengan mensyahidkan mereka, dan aku mengharapkan dari Tuhanku, agar Dia mengumpulkan aku dengan mereka di tempat tinggal yang kekal dengan rahmat-Nya!”
www.kinamariz.com
Wikipedia - Alkhansa bin Amru
Betapa mulianya dapat menulis dan menjadi inspirasi manfaat bagi orang lain. Jangan pernah takut menulis meski kita bukan siapa-siapa, harta yang kita punya tak banyak berharga atau ilmu yang kita miliki belum seberapa. Yang terpenting saat ini adalah upaya kita untuk terus memperbaiki diri dan berbuat demi lingkungan sekitar kita.

Lihatlah, betapa perempuan yang lemah lembut, telah menoreh sejarah dengan syair-syairnya. Betapa seorang ibu sekalipun, bisa menjadi teladan bagi Ummat. Betapa sebuah kalimat, bisa menjadi penawar bagi syuhada-syuhada yang tertebas pedang.Saudaraku, kita tidak akan pernah menjadi orang yang bermanfaat bila kita terus-terusan memikirkan kekurangan kita.

Manusia memanglah makhluk yang dha'if. Namun apakah kita akan selamanya terkurung dalam kedha'ifan sementara jalan menuju ilmu pengetahuan terbentang lebar? Mari sempurnakan kekurangan kita dan rasakan betapa indahnya jika kita bisa saling berbagi. Dengan syai'r? Demi syi'ar? Tidak ada masalah, selama itu bermanfaat. Selamat berburu potensi diri.

Ditulis oleh Sakinah Annisa Mariz

1 comment

  1. Silahkan untuk berkomentar, namun ingat ya link hidup tidak diperkenankan diletak sembarangan di sini. Insya Allah saya siap kok blog walking tanpa harus nempel-nempel backlink. Ok. Thanks

    ReplyDelete

Mohon tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih.

Literasi Digital