Resep Rumahan: Camilan Sehat, Si Boltem Gurih

www.kinamariz.com
Resep Olahan Tempe ala kami 
#SakinahMariz-Sering merasa lapar di luar jam makan? Ingin melahap makanan bernutrisi yang nggak bikin gemuk? Silahkan coba resep ini!

Boltem Gurih
Bahan-bahan :
- 1 Bungkus Tempe 250 gram (remas hingga menjadi potongan kecil)
- 2 Batang Daun Seledri (cincang halus)
- Tepung Terigu 100 gram
- 1 Butir Telur
- Garam secukupnya
- Air secukupnya

Bumbu Yang Dihaluskan :
- 2 Siung Bawang Merah
- 1 Siung Bawang Putih
- Cabai Merah (Sesuai Selera)


Cara membuat bola tempe (boltem) :
Campurkan tepung terigu bersama remasan tempe, lalu aduk bersama bumbu yang sudah dihaluskan. Masukkan dua butir telur dan cincangan daun seledri, kemudian uleni hingga merata. Bubuhkan sedikit garam dan tuang air secukupnya untuk membuat adonan siap dibentuk.

Bentuk adonan tempe seperti bola, susun di wadah siap goreng. Panaskan minyak di wajan, goreng bola-bola tempe (boltem) dengan api sedang hingga berwarna cokelat keemasan. Angkat dan tiriskan. Boltem gurih siap disantap sebagai cemilan sehat!

NB: Boltemnya akan lebih kriukk kalau bahan terigunya diganti dengan tepung bumbu ayam goreng atau tepung serbaguna. Namun bila memakai tepung serbaguna, jangan lagi bubuhkan garam. (saran)

Selamat mencoba!

1 comment

  1. Silahkan untuk berkomentar, namun ingat ya link hidup tidak diperkenankan diletak sembarangan di sini. Insya Allah saya siap kok blog walking tanpa harus nempel-nempel backlink. Ok. Thanks

    ReplyDelete

Mohon tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih.

Literasi Digital