Faber Castell Colour to Life Hidupkan Imajinasi Si Buah Hati, Ini 5 Alasannya

www.kinamariz.com
Faber Castell Colour to Life (15 Page AR+20 Connector Pen)
#SakinahMenulis-Menggambar dan mewarnai merupakan salah satu aktivitas terbaik yang memiliki banyak manfaat bagi perkembangan otak anak. Beberapa penelitian menunjukkan menggambar bagaikan proses terapi mengatur konsentrasi anak. Karena saat menggambar, anak berupaya fokus menuangkan imajinasinya yang abstrak ke dalam bentuk nyata. Selain itu, saat mewarnai anak juga bisa diajarkan mengenali warna, menganalisis bentuk, ukuran, hingga melatih kesabaran dan mengendalikan emosinya.

www.kinamariz.com
"My Hand Hold the Phone" (Photo Taken by @Nufaz3e)
Dalam banyak literatur, Leonardo Da Vinci Sang Pelukis ternama dunia berkata, “Menggambar mencakup semua fungsi mata: gelap, cahaya, tubuh dan warna, bentuk dan lokasi, jauh dan dekat, gerak dan diam.” Karenanya, menjawab tantangan tersebut, Faber Castell sebagai produsen alat tulis terbesar dan tertua terus melakukan inovasi dalam menghadirkan produk-produk terbaik, diantaranya melalui perpaduan antara menggambar secara konvensional (buku gambar), dengan kemajuan teknologi Augmented Reality (AR) di produk Colour to Life (CTL).

www.kinamariz.com
Faber Castell Colour to Life launching in Medan City, Photo Taken by @Nufaz3e
Produk Colour to Life menjadi produk utama Faber Castell yang menggabungkan dunia cetak dan konten digital. Produk ini memperlihatkan bahwa anak-anak bisa memposisikan dirinya sebagai pelaku (subjek), bukan menjadi objek mainan digital. Inilah 5 alasan mengapa Faber Castell Colour to Life mampu menghidupkan imajinasi si Buah Hati!
1. Faber Castell Colour to Life Punya Dua Bentuk Unik.Faber Castell hadir menjawab tantangan zaman dimana Orangtua bisa tetap melihat anak-anak bermain sembari belajar merasakan sensasi kecanggihan teknologi melalui gadget. Dengan produk Colour to Life series, anak-anak diajak mewarnai dan bermain dengan dua perangkat sekaligus, yakni perangkat keras, produk Faber Castell Colour to Life, (terdiri dari 15 page Augmented Reality Colouring Book dan 20 Connector Pens) dan perangkat lunaknya Aplikasi Faber Castell (Bisa Download Gratis di Play Store/Apps Store).



www.kinamariz.com
Look, Guys! My Plane Flying to the Mall, so happy.. 
Karena bisa dimainkan dari 2 perangkat inilah, anak-anak akan merasa tertantang menghidupkan imajinasinya. Orangtua juga bisa mendampingi anak memainkan Faber Castell Colour to Life di buku, atau di aplikasi. Bahkan memainkan keduanya yaitu menghidupkan objek di buku mewarnainya dengan cara menampilkannya di gadget. Anak akan belajar mencipta, bukan hanya menerima apa yang sudah ada.

2. Faber Castell Colour to Life Berisi 20 Macam WarnaBuat para Orangtua yang ingin mengajarkan warna pada anak, cara ini sangat menarik. Dengan strategi Contextual Teaching and Learning (CTL), Orangtua akan memandu anak belajar langsung dari objek di sekitarnya. 20 Connector Pen yang tersedia dengan bentuk lucu bersambung bisa menjadi media belajar anak membedakan warna serta memilih warna yang disukainya saat menggambar. Hal menariknya, ketika objek yang diwarnai hidup dan bergerak menjadi 3D di gadget, warna objeknya akan berubah lebih natural. Ini juga menjadi indikator emosional dan perasaan anak.

Para ahli mengatakan, warna-warna ceria menunjukkan kegembiraan, kebahagiaan, sedangkan warna-warna gelap menunjukkan kemurungan, kesedihan. Orangtua dapat belajar mengenali emosi anak saat mewarnai bersama Faber Castell Colour to Life.

www.kinamariz.com
Mrs Ang Lilyana present Faber Castell Colour to Life in Sun Plaza Medan, Saturday (05/05/2018)
3. Faber Castell Colour to Life Punya Zona Terlarang
Dalam sebuah permainan, ada aturan dan larangan yang harus diikuti agar sampai ke tujuan permainan. Demikian pula di perangkat Faber Castell Colour to Life, di 15 Page AR Colouring Book ini ada sebuah bingkai/frame gambar yang berisi kode QR untuk disnap pada layar Gadget. Selain objek dan panoramanya, frame ini tidak boleh diwarnai karena akan mengganggu proses pemindaian di Gadget. Aturan ini melatih anak untuk belajar mematuhi aturan dan berupaya mewarnai tetap dalam koridor, demi mendapatkan tujuannya.


www.kinamariz.com
Faber Castell Colour to Life Venue in Book Store Gramedia, 2nd Floor @Sun Plaza Mall, Medan
4. Faber Castell Colour to Life Bisa Dimainkan BerduaMembangun bonding time dengan anak tak harus melalui nasehat. Buktinya dengan bermain Faber Castell Colour to Life bersama, anak dan Orangtua bisa menikmati keceriaan berdua. Lebih gembira lagi, karena versi cetaknya bisa diwarnai dan digambar sesuka hati, dan saat dipindah ke versi digitalnya Orangtua tak harus Online (dengan kuota). Aplikasinya tetap bisa dijalankan meski digunakan Offline (tanpa kuota) asalkan sudah di Download (unduh).

www.kinamariz.com
Wusshhh.. My Beautiful Plane rolling on the Sky
5. Faber Castell Colour to Life Mudah DimainkanGaptek alias gagap teknologi kadang membuat Orangtua malas berurusan dengan gadget. Kali ini, Faber Castell Colour to Life menghadirkan aplikasi yang amat mudah digunakan (Easy to Use) karena bisa dipakai segala usia. Dengan kontras warna dan desain yang tak rumit ini membuat anak juga bisa memainkannya dengan aman. Berikut cara memainkannya :

www.kinamariz.com
Faber Castell Colour to Life, launching in Sun Plaza Mall, Medan, Saturday (05/05/2018)
  1. Pertama, Beli paket FaberCastell Colour to Life di Toko Buku Gramedia terdekat di kota Anda, atau juga bisa dibeli melalui Official Store Faber-Castell di Tokopedia, Bukalapak, dan Blibli. Harganya sekitar Rp.119.000,- dengan isian ada 15 page Augmented Reality Colouring Book + 20 Connector Pen dalam 1 paket produknya.
  2. Kedua, Buka Bukunya, Pilih dan warnai ikon di halaman yang disukai. Tips: Jangan warnai bingkai di sekeliling gambar, karena frame berisi kode QR yang menyebabkan proses scan gagal jika diotak-atik.
  3. Ketiga, Download/unduh aplikasi Colour to Life melalui Google Play Store/Apps Store. Kata Kunci : Faber Castell.
  4. Keempat, Buka aplikasi yang Finish Download, lalu langsung START tanpa login, dan scan ikon/karakter yang sudah diwarnai. Tips: Posisi kamera gadget berjarak sekitar 30 cm tepat di atas gambar. Saat scan gambar, pastikan seluruh halaman dan frame berada dalam layar gadget. Atur fokus hingga layar berwarna hijau dan karakter siap dihidupkan.
  5. Kelima, Ingin berfoto? Pastikan kamera tetap di depan buku. Sentuh karakternya untuk bergerak, berputar, dan bisa berfoto bersama penggunanya dengan menyentuh ikon kamera di sebelah kanan layar. Bisa ditentukan ingin berfoto dengan lensa kamera depan maupun belakang.
  6. Terakhir, Play games. Tombol [Play the Game] akan berfungsi setelah proses scan gambar selesai. Warna karakternya juga tergantung pewarnaan yang dilakukan sebelumnya. Ada 5 jenis permainan yaitu Giddy Up, Pogo Boy, Safe Flight, Dress Up Challenge, dan Balance your Brain.

    Pada peluncuran Faber Castell Colour to Life di Lt.2 Gramedia Sun Plaza Medan, Sabtu (04/05/2018), Yandramin Halim, Managing Director PT Faber Castell Indonesia berpesan, "Dengan derasnya pengaruh digitalisasi dan gawai saat ini, sehingga tidak mungkin bisa melarang anak untuk tidak menggunakan gawai. Orangtua mesti lebih bijaksana dengan menyeimbangkan penggunaan gawai dan non gawai bagi anak," pesannya.

    www.kinamariz.com
    Faber Castell Colour to Life launching in Sun Plaza Medan
    Sedangkan Ang Lilyana, Product Spv PT Faber Castell International Indonesia menuturkan, "Adapun 5 game yang tersedia di Faber Castell Colour to Life memiliki karakter dan manfaatnya sendiri-sendiri. Misalnya, Safe Flight, Giddy Up dan Pogo Boy dapat melatih konsentrasi dan motorik. Sementara Dress Up Challenge dan Balance your Brain untuk melatih keseimbangan otak kiri dan kanan," pungkasnya.

    www.kinamariz.com
    Faber Castell Colour to Life Launching in Sun Plaza Medan
    Hadir dalam peluncuran tersebut awak media dan para Blogger dari Komunitas Emak Blogger (KEB) Medan. Peluncuran produk baru Faber Castell Colour to Life ini disambut antusias oleh masyarakat yang berkunjung ke Mall Sun Plaza Medan.

    Ditulis oleh : Sakinah Annisa Mariz

    6 comments

    1. Kalau gitu, bukan cuma anaknya yang menggambar. Emaknya juga suka main Colour to Life nampaknya ya..

      ReplyDelete
    2. Hahaha.. ketauan ya Mas. Iya, soalnya warna di ConnectorPen nya lucu-lucu.. jadi imut seperti yang mewarnai. Wikiki

      ReplyDelete
    3. Mewarnai merangsang motorik anak dengan adanya febercastel ini secara tidak langsung orang tua juga terlibat maka akan ada komunikasi antara anak dan orang tua

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iyaps betul dek Faiz, duh fasih banget nih mau jadi Orangtua.. (kode) hahaha

        Delete
    4. This comment has been removed by a blog administrator.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Terima kasih sudah berkunjung dan mari budayakan blog walking yang baik. Namun sebagaimana aturan yang ditulis di bawah ini. MOHON TIDAK MENINGGALKAN LINK HIDUP DI KOLOM KOMENTAR, karena itu pesan Anda terpaksa saya hapus.

        Delete

    Mohon tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih.

    Literasi Digital