Thromboflash Anti Lebam Sahabat Keluarga Yang Halal dari #AksiFlashBunda


#SakinahMenulis-Siapa sih yang tak khawatir bila anggota keluarga mengalami lebam atau memar di tubuh? Luka berupa lebam atau memar ini biasanya didapati dari benturan misalnya saat jatuh, terbentur, terpukul, atau mengalami kecelakaan. Duh, semoga jauh-jauh ya dari semua alasan di atas.

Lebam dan Mitos Dicubit Setan
Cerita soal lebam ini, saya teringat pada awal tahun 2017 lalu, dimana saya mengalami kecelakaan lalu lintas. Beruntung saya hanya mengalami luka robek pada dahi sebelah kanan dan lebam di tulang pipi, rahang, bahu, lengan, kaki, dan sebagian besar punggung. Cukup lama waktu yang saya butuhkan untuk bisa pulih dan tentu saja menanggung warna-warni di tubuh yang membuat orang bergidik ngeri saat menatap wajah saya saat itu. Dengan kata lain, lebam membuat saya merasa tak nyaman dan teringat ke masa-masa itu.

Tak jauh dari saya, suami juga pernah mendapati lebam saat mandi terlalu malam. Istilah orang zaman dulu, kalau mandi kemalaman atau mandi di waktu maghrib itu pantang, karena bisa dicubit setan ya. Maksudnya, setelahnya bisa timbul bercak/memar berupa cap (seperti dicubit) di beberapa bagian tubuh seperti paha atau pinggang. Dih, setannya genit banget ya! :D Namun entah sekedar mitos atau memang ada, lebam kecil ini menggangu pemandangan dan nyeri bila ditekan dengan jari. Pastinya, sebagai makhluk yang hidup di era industry 4.0 dengan jam kerja tak tentu, kita tak bisa menghindari aktivitas mandi malam ini ya. Kendati demikian, cubitan-cubitan ala setan itu mestinya punya solusi agar tidak muncul mendadak begitu saja dan mengacaukan penampilan kita.

Luka dalam atau memar (lebam) ini pada dasarnya merupakan kondisi dimana pembuluh darah kapiler di bawah kulit pecah akibat benturan. Maka ketika pembuluh darah pecah, darah akan menyebar ke jaringan sekitarnya yang mengakibatkan timbulnya rasa nyeri dan perubahan warna kulit. Itu sebabnya ketika kita memiliki lebam/memar bukan hanya terasa nyeri, tapi juga merusak penampilan karena langsung terlihat di kulit.


Lebam ini pun tidak serta merta terlihat. Masa penyembuhan lebam sangat bergantung pada seberapa parah benturan yang terjadi dan di mana letak lebam berada. Adapun tahapan perubahan warna luka memar yang menandakan proses penyembuhannya :

1. Merah
Biasanya, setelah terbentur, sesaat kulit akan terlihat memerah. Kita kemudian menyadari bagian tubuh yang terbentur tadi menjadi sedikit bengkak dan terasa nyeri saat disentuh.

2. Kebiruan hingga Ungu Gelap
Nah, setelah satu atau dua hari usai benturan, warna memar akan menjadi kebiruan atau ungu gelap. Perubahan warna ini disebabkan karena minimnya asupan oksigen dan juga pembengkakan di area sekitar memar. Akibatnya, hemoglobin yang berwarna merah akan berubah menjadi biru.

3. Hijau pucat
Di hari keenam, warna memar akan berubah menjadi kehijauan. Hal ini menandakan bahwa hemoglobin yang terdapat dalam darah mulai terurai dan proses penyembuhan sedang
berlangsung.

4. Kuning kecokelatan
Setelah seminggu, luka memar akan berubah warna menjadi lebih terang, yaitu kuning pucat atau cokelat muda. Tahap ini merupakan tahap akhir dari proses penyembuhan memar. Memar tidak akan berubah warna lagi, melainkan menghilang secara perlahan dan kembali ke warna asli kulit.

Maka perlu kita waspadai bahwa menangani lebam atau memar ini tidak sembarangan, karena efeknya akan langsung ke kulit dan pembuluh darah di bawah kulit. Karenanya, kita harus hati-hati memilih produk untuk mengobatinya.


Ada Thromboflash, Gak Takut Lebam
Saya termasuk salah satu yang rewel soal obat, terutama soal khasiat dan kehalalannya. Beruntung saya menemukan produk bagus buat atasi lebam yang kini jadi solusi buat #AksiFlashBunda. Thromboflash dengan kandungan Heparin Sodium 200 IU, merupakan obat oles luar anti trombosis/coagulant yang sudah bersertifikasi halal. Jarang-jarang kan ada obat oles yang halal, soalnya nih saya pernah baca di Google, katanya kandungan bahan heparin di obat-obatan penyembuh luka itu biasa didapatkan dari unsur hewani seperti babi (porcine) dan sapi (bovine). Untungnya, produk ini mengandung unsur heparin yang dari sapi (bovine) sehingga HALAL, aman, dan nyaman digunakan buat keluarga.

Kandungannya udah, kehalalannya juga udah, sekarang soal khasiatnya. Jadi bahan heparin yang terkandung di Thromboflash bekerja dengan cara melarutkan gumpalan darah yang berada di bawah permukaan kulit akibat memar. Heparin terbukti membantu mengurangi peradangan, serta melancarkan peredaran darah untuk mempercepat penyembuhan. Wah, Thromboflash wajib ada di kotak P3K nih Moms!

Kemasannya juga praktis dibawa kemana-mana. Saat dioles ke bagian yang lebam/memar (bukan ke luka terbuka ya), Thromboflash juga punya sensasi nyaman dan tidak lengket seperti obat oles pada umumnya. Ini makanya Thromboflash makin digemari para Ibu, terutama buat anak yang lagi aktif-aktifnya bergerak.

Terakhir, soal harga. Harga produk ini juga cukup ekonomis, dimana untuk yang ukuran 10 gr harga jualnya Rp.28.000 dan ukuran 20 gr harga jualnya Rp.40.000. Harga ini mungkin berbeda di setiap lokasi ya Moms, tapi biasanya saya beli obat-obatan di http://www.fahrenheit.co.id untuk mendapatkan harga asli. Lebih hemat, bebs. Hehehe

Nah, semoga Thromboflash bisa jadi sahabat keluarga di rumah ya. Ingat, produk ini tidak untuk luka terbuka ya, apalagi luka di hati dan di jiwa. Jangan lebam, itu berat, biar Dilan saja. :D Yang penting, kalau lebam jangan panik, segera oles dengan Thromboflash. Yuk dioles-dioles-dioles! :D

Ditulis oleh : Sakinah Annisa Mariz

9 comments

  1. Silahkan untuk berkomentar, namun ingat ya link hidup tidak diperkenankan diletak sembarangan di sini. Insya Allah saya siap kok blog walking tanpa harus nempel-nempel backlink. Ok. Thanks

    ReplyDelete
  2. Namanya makhluk hidup pasti bergerak dan suatu waktu pasti prnh terbentur. Tapi Gak takut lebam lg ya moms karena ada thromboflash..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya moms, alhamdulilah ya bebas biarkan anak main tanpa was was. Manjur ya moms. Makasih udah mampir

      Delete
  3. Kalau yg namanya benturan pasti tak bisa terhindarkan ya moms.namanya makhluk hidup selalu bergerak.tapi gk takut lebam lg ya moms krn ada Tromboflash..

    ReplyDelete
  4. Asyik.deh ada Thromboflash zaman anam juga nih buat anakku yang aktif mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuu, anak aman main dan aktif, Ortu pun gak takut Lebam ya mbak.

      Delete
  5. wkwkwkw, ngakak sekaligus serem baca di cubit setan mba, berasa kita nakal gitu sampai dicubit setan

    Tapi saya emang pernah juga kayak gitu, tapi saya cuekin, biasanya sih gak terlalu sakit, yang sakit itu kecuali lebam gegara kebentur, haduuhhh sampai-sampai mau nangis deh gegara sakitnya (lebay)

    Dulu saya malah belum tau Thromboflash, sejak tau gunanya dan kehalalannya, saya jadi sedia selalu di kotak p3K :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyakan mbak Rey, kalua zaman dulu pantang banget main sampai sore dan mandi malem. Wah syukur udah ada obatnya ya mbak. Jadi penyelamat di saat nggak terduga. :)

      Delete

Mohon tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih.

Literasi Digital