Selama Bulan Ramadhan, 4 Aplikasi Ini Penting di Smartphone Kamu!


#SakinahMenulis-Bulan suci Ramadhan merupakan bulan penuh keberkahan, sehingga tidak seharusnya diisi dengan hal yang sia-sia. Di bulan penuh rahmat dan ampunan ini, waktu 24 baiknya disibukkan dengan hal-hal positif serta memperbanyak ibadah. Era digitalisasi telah banyak membantu kita mengisi hal-hal positif tersebut hanya dengan mengunduh aplikasi-aplikasi penting di Smartphone. Selain sifatnya mobile (bisa dibawa kemana-mana), aplikasi ini cukup efektif membantu kita dalam berkegiatan sehari-hari, terlebih di bulan Ramadhan. Berikut ulasannya :

1. Doa Puasa & Jadwal Puasa Ramadhan 2019
Aplikasi ini saya temukan di Playstore dengan nama penerbit Bercoding Studio. Berisikan kumpulan doa berpuasa, niat dan lafadzh puasa, hingga jadwal puasa Ramadhan. Terlebih buat keluarga muslim dengan anak yang sedang belajar berpuasa, aplikasi ini bagus sekali mengajarkan doa-doa serta ada reminder untuk jam sahur dan berbuka. Selain itu, ada doa-doa lainnya yang biasa dibaca hanya di bulan Ramadhan, sembari memperbaiki hafalan doa, aplikasi ini cukup mudah diunduh dan rating usia 3+ yang artinya bisa dipakai pengguna berusia mulai dari 3 tahun.

2. Cookpad - Berbagi Inspirasi Resep Masakan



Buat para Ibu ataupun yang senang memasak, pasti sudah akrab sekali dengan aplikasi ini. Buat saya aplikasi berisi resep masakan dari berbagai penjuru dunia ini sangat penting. Bukan karena saya tak hafal bumbu masakan, namun kadang kesibukan sehri-hari membuat menu masakan seringnya itu-itu saja. Nah, demi memperbaharui ide masakan, terlebih untuk menu spesial sahur dan berbuka di bulan Ramadhan, tidak ada salahnya mengunduh aplikasi ini. Sangat membantu kita menemukan resep, apalagi resep tersebut telah diujicoba oleh penulis-penulis lainnya, jadi bisa menambah referensi ingin berkreasi masakan apa. Oh ya, penerbit aplikasi ini Cookpad Inc (UK).

3. Catatan Keuangan Harian

Yang namanya bulan Ramadhan pasti identik dengan takjil dan wisata kuliner dimana-mana. Kantong pun harus dijaga rapat, jangan hanya beralasan sudah berpuasa, lantas mau makan enak dan jajan terus. Bisa-bisa sebelum lebaran datang, kantongnya ikutan puasa, hehe. Maka saya perlu sekali dengan aplikasi yang diterbitkan oleh AsyncByte Software ini. Inputnya mudah dan saya sewaktu-waktu bisa mengira pengeluaran sudah sampai dimana. Kekurangannya, karena aplikasi ini gratisan tentu mode yang tampil masih seperlunya dan sederhana. Jika ingin aplikasi yang premium juga tersedia kok versi berbayarnya, hanya saja menurut saya nih ya, yang namanya aplikasi catatan pengeluaran kalau boleh ya jangan menambah pengeluaran :)

4. Traveloka : Booking Tiket, Hotel, Wisata & Kuliner



Bulan Ramadhan akan berakhir dengan Lebaran. Hari Raya Idul Fitri yang kerap dirayakan dengan momen mudik maupun liburan, sudah pasti perlu direncanakan. Buat saya, meski bepergiannya baru akan dilakukan jauh hari, namun harus mempersiapkan budget dan itinerarynya lebih awal. Adanya aplikasi pembelian tiket ini memudahkan kita mengecek biaya tiket pesawat sewaktu-waktu sehingga dapat menjadi acuan anggaran untuk estimasi budget libur lebaran. Tak hanya tiket Pesawat atau Kereta Api, ingin tahu pricelist Staycation di kotamu ataupun Kulineran buka puasa bersama teman-teman atau keluarga juga bisa mengambil referensi dan booking dengan aplikasi ini, karenanya menurut saya aplikasi Traveloka ini sangat penting ada di Smartphone selama bulan Ramadhan.

Ditulis oleh : Sakinah Annisa Mariz

1 comment

  1. Terima kasih telah mampir dan memberi komentar di blog saya. Blog walking siap meluncur!

    ReplyDelete

Mohon tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih.

Literasi Digital