KUNCI: 'Edan' Jumlahnya, Satu Fungsinya

#Triy'sCorner-Apa yang terbayang dalam benak Anda saat melihat kunci?

www.kinamariz.com
Kunci -Image Source by Google.com-
Sekilas mungkin tak ada yang istimewa. Tapi di balik itu, kunci adalah alat yang tak pernah bisa kita pisahkan dalam kehidupan sehari-hari.
Di dalam rumah Anda, kira-kira ada berapa jumlah kunci? Misalkan saja ada 3 pintu, untuk duplikat tak perlu dihitung. Artinya satu pintu satu kunci. Belum lagi dengan kunci lain, seperti kunci kendaraan, lemari atau mungkin kunci gembok.

Nah, asumsikan jika di setiap rumah memiliki 10 kunci. Kira-kira berapa jumlah kunci yang ada di dunia? Mungkin jumlahnya triliunan. Jumlah yang bisa dibilang 'edan'. Anehnya, dari triliunan kunci tersebut, tak ada satupun yang bisa dipakai untuk digunakan di tempat lain. Meskipun itu dengan merk yang sama. Jika kita bayangkan, betapa ribetnya perusahaan pembuat kunci yang mampu menciptakan kunci satu dengan lainnya berbeda-beda.

Dengan bentuk dan jumlah yang triliunan itu, kunci hanya memiliki satu fungsi. Yakni sebagai alat untuk kita mencapai keinginan. Apakah itu keinginan untuk membuka atau menutup. Begitupun dengan kehidupan kita. Meski Tuhan menciptakan triliunan manusia dengan bentuk yang berbeda-beda, tapi Tuhan hanya memberi satu kunci kepada manusia yaitu akal.

Sekarang tinggal bagaimana kita mempergunakan fungsi akal alias kunci tersebut. Jangan sampai kita salah menggunakannya, ibarat kunci jika dipaksakan membuka pintu yang tak tepat, maka kunci itu bakal rusak. Simpan kunci yang telah diberikan Tuhan dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai rusak atau bahkan hilang.

(Pojok ini diisi oleh Tuan Muda Try)

www.kinamariz.com

Tuan Muda Try

2 comments

  1. Terima kasih sudah membaca. Kolom komentar tempat berinteraksi, bukan tempat meletakkan link hidup atau promo judi poker. Cukup game saja yang boleh dipermainkan, hidup jangan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hohoho, Tabik Tuan Muda. Kunci apakah yang Tuan Muda khayalkan, bersebab kunci hati hamba sudah Tuan yang menyimpan.

      Delete

Mohon tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih.

Literasi Digital