5 Tempat Buka Puasa Paling Favorit Keluargaku di Medan


#SakinahMenulis-Berbuka puasa bukan sekedar menandaskan ibadah, tapi pengennya sambil merilekskan kepenatan setelah bekerja tanpa makan dan minum seharian. Sama halnya dengan saya, jika sedang bekerja di luar, saya dan keluarga kadang janjian berbuka puasa bersama di restoran atau cafe saja. Selain tidak repot memasak, kita juga bisa menikmati sensasi tempat tersebut sambil mengisi perut dengan makanan yang sudah pastilah enak. Selain itu, saya juga selalu berusaha mencari tempat yang nyaman, kadang juga memilih yang tidak terlalu ramai atau tidak boleh berisik. Tergantung buka puasanya bersama siapa :) Kali ini saya hanya masukkan daftar Cafe dan Restoran ya, hotel tidak termasuk karena tahulah standartnya jelas beda.

1. Mie Ayam Mahmud - Jalan Abdullah Lubis Medan
di Outlet Mie Ayam Mahmud - Photo by @Bocahudik
Saking seringnya makan dan promo tempat ini, saya malah dijuluki Brand Ambassadornya, wkwkwk. Tapi memang, di lidah saya Mie Ayam Jamur H Mahmud ini cocok dan pas sekali. Mie dan toppingnya nagih (Baca di sini ) Posisinya pas di seberang Mesjid Al Jihad, jadi kadang selesai buka puasa di mesjid dan sholat maghrib, kami mampir kesini. Jangan ditanya ramenya gimana. Asli, seperti tak ada habis-habisnya. Tapi tamunya berganti terus dan selalu ada seat kosong kok betapapun terlihat ramai.

2. Cafe Potret - Jalan Wahid Hasyim Medan
Cafe Potret Medan - Image Source by IG Potret Cafe Medan
Instagramable dan fasilitas musholla lumayan. Tahukan, yang namanya buka puasa bersama keluarga paling penting untuk diabadikan. Nah dicafe ini kita bisa asyik berfoto dimana-mana karena desain interiornya menarik. Selain itu, makanan juga enak dan aku paling suka menu Ayam Andaliman mereka yang khas batak banget, tapi halal ya. Jangan khawatir, soal tempat sholat karena mushollanya di lantai 2. Ada kran wudhu dan toiletnya juga diatas. Bersih. Tidak bising. Saran, kalau mau kesini jangan mepet diwaktu buka puasa karena bakal tak bisa bergerak. Macett cett cett, kayak si Komo catwalk.

3. Ayam Penyet Joko Solo - Medan!
Ayam Joko Solo - Image Source Crazfood.com
Solo! Teriak Jennie salah seorang personel Girlband Blackpink. Yahaha, siapa sih di Medan yang tak pernah mampir di sini. Letaknya dimana-mana ada mulai dari di Jalan Putri Hijau-Merak Jingga, dekat Stadion Teladan, dst, duh menjamur dan merakyat sekali bagi warga Medan. Menunya semua kalangan dan harga juga pas di kantong. Tidak kurang tidak lebih, ya begitulah. Solo!

4. Cafe Srikandi - Merdeka Walk
waktu itu cobain Sensasi Blue di Srikandi Cafe
Tempat ini berada di dekat titik nol kota Medan, persis di areal Lapangan Merdeka. Berada di seberang Hotel Grand Aston, Grand Inna Deli, dll, tak jarang pengunjung Merdeka Walk ini kebanyakan tamu-tamu hotel dari berbagai kota. Kalau saya paling suka makan nyaris di lingkaran ujung Merdeka Walk ini. Namanya Srikandi Cafe. Tempatnya rame, interior designnya juga standart cafe khas Jawa, rasa makanan dan harga juga lumayanlah, tapi entah mengapa rasanya nyaman aja makan di sini. Menu-menunya juga nusantara, seperti Mie Sop Ayam, Nasi Uduk, dll. Nilai plus minusnya, jika berkendara dengan sepeda motor, mudah saja parkir dan berjalan ke Cafenya. Namun jika dengan mobil, agak ribet juga jalan menuju parkirnya.

5. Mie Aceh Titi Bobrok - Jalan Setia Budi Medan
Mie Aceh Seafood Titi Bobrok - Image Source : Travelingyuk.com
Sengaja aku letak paling ujung karena kalau udah ke sini sekali, pasti tahu deh. Iya, letaknya paling ujung dari rumahku (saking jauhnya), dan setiap ke sini aku tidak bisa hanya pesan 1 menu. Pasti nagih mau coba ini, mau makan itu. Ujung-ujungnya dompet tekor kalau banyak bawa pasukan, hahaha. Tapi jelasnya ini masih favorit kami. Oh ya, kalau makan di sini saya sarankan sebelum jam berbuka ya. Karena tempatnya cukup luas dan pengunjungnya banyak sekali, (belum lagi disini banyak berkeliaran pengamen dan peminta-minta), harus banyak bersabar menunggu pesanan datang ya. 

Oke ini dia 5 spot makan favoritku untuk berbuka puasa bersama keluarga di Medan, sepertinya favoritnya bukan ke tempat sih tapi lebih ke kenangan makan-makannya, hehe. Kalau kamu pernah mampir, jangan lupa berbagi cerita di kolom komentar ini yaa...

Ditulis oleh : Sakinah Annisa Mariz

2 comments

  1. Terima kasih sudah mampir dan berbagi komentar di blog saya. Blog walking siap meluncur!

    ReplyDelete
  2. Seenak-enaknya masakan cafe/resto lebih enak makanan di rumah. Saya sih gitu orangnya :D

    ReplyDelete

Mohon tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih.

Literasi Digital