Manfaat dari Mengamalkan Ibadah Puasa


#SakinahMenulis-Dalam berbagai ceramah agama, sering sekali disampaikan bahwa segala ibadah yang diperuntukkan kepada manusia di dunia ini punya maksud untuk kebaikan. Baik itu kebaikan di dunia, maupun di alam akhirat nantinya. Karena itu, banyak sekali hikmah yang terkandung dari setiap ibadah. Seperti misalkan puasa.

Ibadah puasa menjadi wajib hukumnya saat memasuki bulan suci Ramadhan. Baik pria atau wanita yang sudah baligh, punya kewajiban untuk melaksanakannya. Bila puasanya dilakukan dengan cara yang benar dan niat yang lurus, Insya Allah puasa sebulan juga akan terasa ringan. Hebatnya lagi, puasa ini ternyata punya segudang manfaat untuk kesehatan jiwa dan raga kita. 

Pertama, puasa adalah menahan hawa nafsu. Sebagai ibadah yang membentengi diri dari segala makan dan minum, puasa mendidik kita menjadi manusia yang sabar dan kuat. Sabar dalam segi emosional dan kuat dalam segi fisik. Terbukti orang yang menahan dirinya dari emosi serta makan dan minum berlebihan akan lebih lincah secara fisik dan kuat secara psikologis.

Kedua, mengajarkan kita berhemat. Mungkin selama ini pengeluaran jadi jor-joran karena segalanya dapat dimakan di segala waktu selama lebih dari 24 jam. Namun dengan berpuasa kita hanya makan pada saat sahur dan setelah berbuka. Tidak ada sarapan, tidak ada makan siang, snacking time, jajan, dll. Anti pemborosan tidak bisa hanya slogan. Anti pemborosan harus dibuktikan dengan pembiasaan.

Ketiga, puasa mengajarkan kita berbagi. Salah satunya dengan berbuka puasa bersama, bersedekah, berinfaq, dan berzakat. Banyak program-program berbagi di bulan puasa dan ingat, ketika kita berbagi atas harta yang kita miliki, saat itu juga kita sedang menerima. Allah SWT tidak pernah melupakan hambaNya yang bersedekah, apalagi yang disedekahkan bermanfat terus menerus (sedekah jariyah). Pahala akan terus mengalir selama benda/objek yang disedekahkan tersebut digunakan untuk kemaslahatan orang banyak.

Keempat, puasa mengajak kita mencintai diri sendiri. Berapa banyak sudah makanan dan minuman yang masuk ke tubuh kita. Seumur hidup kita, tubuh tak hentinya mencerna dan mencerna segalanya. Berilah sedikit jeda pada tubuh untuk menikmati istirahatnya dengan cara yang benar. Ibadah puasa, bila dilakukan sesuai anjuran agama, tidak akan membuat pemeluknya sakit ataupun terluka. Bapak saya sering bilang, "Dalam Sunnah, ada kejayaan." Maksudnya setiap tindak tanduk kita yang diperintahkan dalam Alqur'an dan SunnahRasulullah SAW, ada kebaikan yang kita dapatkan. Jangan pernah berhenti belajar dan terus belajar menggali maknanya. KAdang kita merasa sulit melakukan dan memulai sesuatu, padahal kita belum mencobanya. Coba, pelajari, dan rasakan. Semoga mendapat berkahnya.

Ditulis oleh : Sakinah Annisa Mariz

1 comment

  1. Terima kasih sudah mampir dan memberi komentar di blog saya. Blog walking siap meluncur!

    ReplyDelete

Mohon tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih.

Literasi Digital