Si Kecil Makin Bersemangat Jalankan Ibadah Puasa


#SakinahMenulis-Secara fisik, puasa adalah kegiatan yang cukup melelahkan. Apalagi bagi anak-anak. Namun sebagai umat muslim, puasa adalah hal wajib yang harus dilakukan di saat bulan Ramadhan. Belajar sejak dini menjalankan ibadah puasa harus diajarkan kepada si kecil. Sehingga kedepannya puasa sudah menjadi hal biasa bagi mereka.

Bagaimana membuat anak-anak terus bersemangat menjalankan ibadah puasa.Hal paling utama yang harus kita tanamkan kepada anak-anak adalah niat. Ajarkan anak-anak sebelum berpuasa untuk melaksanakan niatnya terlebih dahulu. Dengan berniat, anak-anak akan lebih fokus dalam menjalankan ibadah puasa. 

Setelah niat dilaksanakan, langkah selanjutnya adalah jangan dipaksa untuk berpuasa seharian penuh. Beri waktu bagi si kecil untuk beradaptasi dahulu. Misalnya, biarkan si kecil makan atau minum pada jam 12 siang, kemudian dilanjutkan lagi hingga waktu berbuka puasa tiba. Hal ini sebagai latihan dasar bagi si kecil dalam menjalankan puasa. Di hari-hari berikutnya, bisa lebih diperpanjang durasinya. 

Beri motivasi dengan imbalan. Kita harus tahu bagaimana cara menghadapi psikologis anak. Berikan imbalan berupa hadiah sesuai dengan kemampuan kita kepada anak. Misalkan jika anak bisa menyelesaikan puasanya, belikan apa yang diminta. Atau buatkan makanan kesukaan anak saat berbuka puasa. Pemberian hadiah seperti ini akan memotivasi anak untuk bersemangat menjalankan ibadah puasa.

Ditulis oleh : Sakinah Annisa Mariz

2 comments

  1. Terima kasih sudah mampir dan memberi komentar di blog saya. Blog walking siap meluncur!

    ReplyDelete
  2. Anak kecil disuruh puasa semampunya saja, kalau tidak bisa ya sudah. Yang penting sudah belajar

    ReplyDelete

Mohon tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih.

Literasi Digital