Trend Make Up Ala Korea untuk Lebaran, Hari Raya Idul Fitri 1440 H


#SakinahMenulis-Menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri atau biasa disebut Lebaran, di tahun 2019/1440 H ini saya lebih suka berburu perlengkapan make up dan skincare ala-ala Korea. Hal ini sebab warna-warnanya yang pigmented, nude dan fresh. Tak heran, banyak remaja menggandrungi produk kecantikan ala Negeri Ginseng ini. Untuk produk saya tak wajib menggunakan brand Korea seperti Etude House, Moonshoot, Laneige, Tony Moly, dsb, namun lebih ke teknik dan pemilihan warnanya. Oh ya, di sini saya bukan membahas teknik dan tutorial make up ala Korea tapi lebih ke fungsinya ya.

1. Foundie, Shadding dan Concealer

Bicara soal basic, biasanya make up ala Korea sangat fokus di sini. Jika menonton tutorial MUA Korean tak jarang hanya untuk foundie, concealer dan shadding bisa macam ragam. Yang inti keseluruhan proses adalah menampilkan warna kulit merata, tampak bersih berseri alami. Karena kebanyakan Make Up Korea menciptakan kesan wajah yang -make up no make up- atau malah make up karakter. Jadi pastikan memilih ketiganya dengan cermat.
  • Foundation (Alas Bedak) dipilih berdasarkan warna yang paling dekat dengan kulit.
  • Concealer (Menutup Noda Kusam) dipilih berdasarkan 1-2 tingkat warna lebih cerah dari kulit.
  • Shading (Menegaskan Kontur Wajah) dipilih berdasarkan 2-3 tingkat warna lebih gelap dari kulit.
Tips : Gunakan pelembab sebelum mengaplikasikan foundation ke kulit karena kulit kering akan membuat foundie menumpuk di area tertentu. Akibatnya wajah seperti berkerak dan tekstur kulit nampak tidak halus / tidak merata. Saya lebih suka mengaplikasikan ketiganya dengan bantuan beauty blender.
2. Bedak Tabur vs Bedak Padat

Bedak tabur ini untuk menghaluskan permukaan kulit setelah menggunakan basic. Jadi kulit wajah tampak soft dan ringan, bukan seperti memakai topeng. Bisa menggunakan Compact Powder atau bedak padat dahulu. Bisa juga dengan BB Cushion, caranya tepuk-tepuk tipis sponge bedak ini ke seluruh permukaan wajah kecuali kelopak mata. Kemudian setelah merata, rapikan dengan bedak tabur dengan kuas sebagai aplikator. Jangan ketebalan, pastikan ringan saja.

3. Eye Shadow, Eye Liner, Eye Lashes dan Eye Brow Pencil

Pemilihan warna menjadi point penting. Eye Shadow untuk make up Korea biasanya disesuaikan dengan warna bibir/lipstick. Ullzang atau gadis Korea biasa memakai warna pink pucat, peach, cokelat muda, orange, merah hati, hingga biru muda. Warna-warna lembut ini disapu tipis-tipis di kelopak mata, kemudian bila ingin tampilan mata yang besar (biasanya gadis Korea suka memakai lem untuk membentuk kelopak mata palsu juga), ditambah tempelan bulumata palsu yang lentik dan panjang. Jarang sih menurutku mereka pakai yang tebal karena efeknya berat.

4. Lipstick Ombre, Liptint, atau Lippen

Tahukan ombre alias padu padan warna bibir khas gadis Korea? Kalau kata Ibuku sih warnanya mirip bibir lagi panas dalam, hehe. Pucat di luar, namun merah merekah di dalam. Buat yang masih usia belasan menuju 20 tahun sih boleh. Tapi buat kita yang udah 21 tahun menanjak nyaris ke-30 tahun ini rasanya kok pucat ya, wkwk. Saya sendiri lebih suka memadukan warna terang ke warna pucat, jadi hasilnya segar.
Tips : Basic diutamakan warna berat, lalu ombre dengan warna lebih terang/pucat untuk hasil bibir yang tampak alami. Warna bibir matte atau glossy jadi pilihan untuk yang ingin tampak segar atau tampak kalem.
Nah 4 item ini yang bisa menjadi fokus perhatian saya saat ingin bermain-main dengan make up. Di hari lebaran yang penuh momen fotografi, pastikan make up yang cantik diiringi dengan hati yang suci. Apalah artinya make up tanpa diiringi sifat baik dan hati yang bahagia, betul tidak? Selamat berhari raya!

Ditulis oleh : Sakinah Annisa Mariz

5 comments

  1. Terima kasih sudah mampir dan memberi komentar di blog saya. Blog walking siap meluncur!

    ReplyDelete
  2. saya juga suka make up korea, tapi lebih suka skin carenya korea, klo make up kadang gak sesaui sama kulit orang indonesia. Klo skincarenya bagus-bagus, bisa buat wajah glowing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, skincare dan liptintnya bagus-bagus ya mbak. Saya suka koleksi warnanya, gak nahan pengen ombre..hehe

      Delete
  3. Saya suka channelnya PONY MUA disitu banyak cara makeup bagus. Good.

    ReplyDelete
  4. Kalau Kak Ani sukanya Foundie Korea itu bagus-bagus buat cover jerawat. Teksturnya pun ringan dan tak berminyak ya

    ReplyDelete

Mohon tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih.

Literasi Digital