Review Drama Korea Are You Human? 너도 인간이니


#SakinahMenulis-Kalau pecinta K-Drama berpikir film ini adalah versi cowok dari film I'Am Not Robot, Anda SALAH BESAR. BIG NO, karena film ini 100% beda dari segi alur dan karakter. Are You Human atau Are You Human Too bercerita tentang sebuah robot yang dibuat mirip anak manusia. Bermula dari kematian misterius suami dari Professor Laura Oh yang diperankan oleh Kim Sung-ryung (mantan Miss Korea 1988), hal ini membuatnya harus tinggal bersembunyi di luar negeri.
  • Judul      : Are You Human (Neodo Inganini) 너도 인간이니? 
  • Genre     : Drama - Scifi - Romance - Action 
  • Pemain   : Seo Kang-jun (sebagai Nam Shin/Nam Shin III), Gong Seung-yeon (sebagai Kang So-bong), Kim Sung-ryung (sebagai Professor Laura Oh) 
  • Negara/Tahun Launching : Korea Selatan, 2018 
  • Sutradara          : Cha Young-hoon 
  • Penulis Naskah : Jo Jung-joo 
  • Produksi            : KBS Media 
  • Episode             : 36 Eps 
  • Skor 1-5            : 4 Bintang ⭐⭐⭐⭐
Synopsis : Profesor Laura Oh terkenal dengan temuan robot dan kecerdasan buatan yang mampu menjadikannya ikon penelitian di dunia. Karena itulah, dia tinggal di luar negeri (Ceko) bersama anaknya (Nam Shin) untuk menyelesaikan risetnya. Latar belakang suaminya yang berasal dari keluarga konglomerat PK Group, ditambah Ayah Mertuanya seorang politisi yang berkuasa, membuat putra tunggalnya Nam Shin diculik dan dipaksa tinggal di Korea bersama Kakeknya.

Karena sedih dan tak berdaya dipisahkan dengan anak kandungnya, Profesor Laura Oh kemudian membuat sebuah robot bernama Nam Shin I, II, III yang dibuat semirip mungkin dengan anaknya. Pertumbuhan dan perkembangan robot ini juga disesuaikan dengan pertumbuhan Nam Shin yang tinggal di Korea, sehingga mereka identik seperti anak kembar. Robot Nam Shin III (versi dewasa) sangat sopan, baik, dan menyayangi Dokter Laura Oh, berbeda dengan perilaku Nam Shin asli yang tumbuh kasar dan penuh kebencian.

Cast Are You Human - Source : Google.com
Suatu hari, Nam Shin asli yang tumbuh dewasa tanpa Orangtua, membuat masalah di Bandara. Dia kedapatan kabur dan ingin mencari ibunya. Dia datang ke Republik Ceko dan berharap bisa menemukan Ibunya. Tak dinyana, ketika menyebrang jalan, Nam shin asli melihat sosok Nam Shin III, dan berpapasan. Nam Shin asli sangat terkejut hingga tak menyadari bahwa seorang pembunuh bayaran telah disewa untuk menghabisinya. Dia mengalami kecelakaan parah dan koma, Ibu kandungnya Profesor Laura Oh menjaga dan merawatnya. Namun kondisinya yang kabur ke Ceko tanpa sepengetahuan Kakeknya ternyata membuat masalah. Nam Shin III pun diutus ke Korea menggantikan Nam Shin asli. Drama pun dimulai!

Seperti yang sudah diceritakan sebelumnya, Nam Shin asli sangat brutal dan selalu dalam pengawasan Kakeknya, pendiri PK Group. Sebelum tiba di Ceko, dia kedapatan memukuli pengawal pribadinya Kang So-bong yang notabene seorang wanita. Kang So-bong seorang atlit MMA yang miskin dan tak punya pilihan, dia terpaksa menjadi pengawal Nam Shin asli yang memperlakukannya semena-mena. Pergantian posisi Nam Shin asli dan Nam Shin III awalnya tak ada yang menyadari, namun sebuah insiden yang nyaris menewaskan Kang So-bong terjadi. Nam Shin III menyelamatkan nyawanya dan mengalami cedera parah, saat itulah Kang So-bong menyadari kalau Nam Shin III hanyalah balutan kabel dan kecerdasan buatan.

Haru dan penuh aksi, perjalanan cinta Kang So-bong dan robot Nam Shin III pun dimulai. Keberadaan Nam Shin III yang selalu diincar pembunuh bayaran, serta kebencian Nam Shin asli membuat kisah mereka tidak mudah. Sepanjang film penuh adegan action dan banyak sekali terjadi perkembangan karakter Nam Shin III yang mengejutkan. Banyak visual effect yang sangat rapi dan bagaimana Sutradara menyesuaikan tiap adegan terasa sangat Film ini sangat seru sebagai Scifi dan Action, walaupun masih kurang 'Greget' sebagai romance.


Cast Are You Human - Source : Google.com
Adegan romantis skinship ala drama Korea yang ditunggu-tunggu justru hampir tidak ada. Yang ada hanyalah adegan laga, aksi penyelamatan, aksi kepahlawanan Nam Shin III. Mungkin alur dibuat sedemikian rupa untuk mengesankan bahwa robot Nam Shin III adalah sahabat manusia di bidang Pengetahuan, bukan robot pemuas asmara, aduh itu sih jangan, hehehe...

Akhirnya, tak tertebak, film ini sukses tidak memberikan ending yang buruk. Meski ada kematian dan tragedi yang membuat penonton sempat berfikir kalau ini Sad Ending, teryata diakhiri dengan manis. Selamat menonton!

Nilai Plus    : Efek Visual yang hebat untuk menyajikan Drama Scifi yang keren
Nilai Minus : Kisah Asmaranya kurang berbunga-bunga, Eotokke 😭
😭 
                     Nanggung amat, kan jadinya.. 😤

Nah, sekian pendapat saya soal Drama ini. Kamu sudah atau belum pernah nonton nih? Cerita di kolom komentar ya...


Bonus Pic Nam Shin III - Source : Google.com
Ditulis oleh : Sakinah Annisa Mariz

1 comment

  1. Terima kasih sudah mampir dan berkomentar di blog saya. Blogwalking siap meluncur!

    ReplyDelete

Mohon tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih.

Literasi Digital