Review Drama Korea 9,9 Billion Woman (9,9 억의 여자)

 
#SakinahMenulis-Yap, sesuai judulnya, drama ini menceritakan seorang wanita (Jung Seo Yeon) yang menemukan 9,9 Billion atau 9,9 Milyar Won dalam sebuah kecelakaan misterius. Hm, sebelum kita bahas kisah drama ini, nilai uangnya kalau dikonversi ke Rupiah kira-kira senilai Rp 120.783.921.789 (120 Milyar, 783 Juta, 921 Ribu, Tujuh Ratus Delapan Puluh Sembilan Rupiah) 😱😱 Busyeeet, lelah hamba menghitung uangnya.😂 Kalau dibelikan kerupuk gopek-gopek, kira-kira bisa untuk makan warga 1 provinsi lah ya. Hahaha... (Bercanda lho, please don't take too serious Buddy)
  • Judul       : 9,9 Billion Woman (Woman of 9.9 Billion) 9.9 억의 여자 
  • Genre      : Drama - Mistery - Crime - Action 
  • Pemain   : Cho Yeo-jeong (pemeran Jung Seo-yeon), Kim Kang-woo (pemeran Kang Tae-woo), Oh Na-ra (pemeran Yoon Hee-joo), Lee Ji-hoon (pemeran Lee Jae-hoon), Jung Woong-in (Hong In-pyo) 
  • Negara/Tahun Launching : Korea, 2020 
  • Sutradara          : Kim Young-jo 
  • Penulis Naskah : Han Ji-hoon 
  • Produksi            : Victory Contents, Dist. KBS 
  • Episode             : 32 Eps 
  • Skor 1-5            : 3 Bintang ⭐⭐⭐
Synopsis : Drama 99 Billion Woman mengawali kisahnya dari peliknya hidup Jung Seo Yeon (dibintangi Cho Yeo Jong) sebagai istri dari Hong In-pyo (dibintangi Jung Woong-in). In-pyo, pria yang sensitif dan psycho selalu menyiksa istrinya Seo Yeon. KDRT yang selalu dialaminya menyebabkan Seo Yeon pernah keguguran hingga mengalami trauma berat. Di tengah peliknya kehidupannya bersama In-pyo, Seo Yeon berselingkuh dengan Jae-hoon, suami teman dekat satu-satunya, Hee-joo. Yoon Hee-joo seorang putri konglomerat, pemilik Yayasan yang berpengaruh di Korea, sebaliknya, Seo Yeon adalah seorang miskin dan tak punya Orangtua. Kehidupan mereka sangat bertolak belakang, ditambah Hee-joo dan Jae-hoon punya seorang putri. Hal ini alasan Seo Yeon mengkhianati persahabatannya dengan Hee-joo.
Cast 99 Billion Woman - Source : Google.com
Suatu hari, suami Seo Yeon yang tak tahu skandal istrinya mengalami kebangkrutan. Dia memaksa agar dikenalkan dengan investor kaya (Jae-hoon) agar mau mendanai perusahaannya. Siasat pun diatur. Mereka dua keluarga berlibur di sebuah Villa di tengah hutan dengan saling menutupi rahasia. Pada suatu malam, In-pyo yang gila kembali memukuli istrinya Seo Yeon. Hal itu membuatnya sesak dan kabur keluar Villa. Ternyata Jae-hoon mengetahui selingkuhannya kabur, dia malah mengikuti Seo Yeon ke tengah hutan dengan bernafsu.

Di tengah hutan, di jalanan yang sepi, ada sebuah kecelakaan besar terjadi. Sebuah mobil Van terguling dan menewaskan 2 pria. 1 sopir tewas di tempat, sedangkan 1 lainnya sekarat. Mobil Van itu menumpahkan kotak-kotak berisi 99 Milyar Won uang tunai. Seo Yeon dan Jae-hoon yang menjadi saksi kunci kecelakaan tunggal itu bingung, apakah harus menyelamatkan korban atau uang?

Ternyata godaan uang lebih dari segalanya, mereka dengan sigap menyelamatkan uang-uang dalam peti dan menyimpannya dalam sebuah sumur di tengah hutan. Lalu kembali ke Villa seperti tak terjadi apa-apa. Paginya, saat semua bergegas pulang, Seo Yeon dan Jae-hoon bersekongkol untuk mengambil uang itu sebelum polisi datang. Mereka kembali tanpa tahu bahwa uang itu milik seorang Bandar Mafia besar di Korea. Uang panas itu jatuh diperjalanan dan kecelakaan itu menjadi kemurkaan si Bandar.


Cast 99 Billion Woman - Source : Google.com

Terpisah, seorang mantan polisi yang dipecat karena tuduhan suap, Kang Tae-woo pun berusaha mengungkap misteri kematian adiknya yang merupakan salah satu korban dalam kecelakaan Van itu. Adiknya saat sekarat sempat menitipkan sesuatu pada Seo Yeon, namun karena uang 99 Milyan Won itu, Seo Yeon gelap mata dan tak menggubris. Akibatnya, ke-lima orang ini sangat berkaitan satu sama lain dalam memperebutkan uang 99 Milyar Won itu.

Drama ini sebagai mistery sangat seru, suspense yang muncul sebab uang panas itu mengalir dalam setiap adegan action, membuat penonton ikut terengah-engah. Namun konflik dirasa terlalu pelik dan monoton, sehingga saat kita menonton, kita akan terus mengambil jeda. Karakter Seo Yeon yang diperankan Cho Yeo Jong sangat kuat. Sebagaimana yang kita tahu, Yeo Jong ini artis serba bisa dan sangat serius dalam meniti karirnya di perfilman. Salah satu castnya yang heboh baru-baru ini yaitu di film Parasite yang banyak menyabet piala dalam anugrah perfilman. Selain itu, jejak kariernya di film lainnya bernuansa seks juga mengundang kontroversi. Seo Yeon sangat cocok diperankan Yeo Jong di drama yang mengedepankan kisah perempuan ini.

Uang, Perempuan, dan Kekuasaan adalah tema besar drama ini. Dengan ketiga unsur itu, Sutradara banyak menonjolkan keserakahan, penindasan, pengkhianatan, dan berbagai sifat dasar manusia yang menyeramkan karena uang. Tokoh baik protagonisnya adalah mantan polisi yang difitnah, Tae Woo. Seo Yeon yang terjepit diantara 2 pria jahat yang menyiksanya dengan cara berbeda, Suaminya In-pyo dan selingkuhannya Jae-hoon, Tae Woo hadir dengan segala kenormalan dan menolongnya. Meski pada akhirnya Tae Woo tahu bahwa Seo Yeon adalah saksi yang membiarkan adiknya tewas, pada akhirnya Tae Woo hanya ingin Seo Yeon bahagia dengan uang yang ditemukannya.


Kisah beradu pelik, sedih, cemas, haru biru, namun berjalan lambat. Setiap episode diisi dengan konflik fisik dan batin yang membuat penonton kian terseret ke dalam cerita perjalanan uang yang berputar-putar. Sejujurnya saya ingin memberikan 5 bintang untuk drama ini, tapi karena saya tidak merasa kelegaan seusai menonton atau merasa puas dengan scene yang terjadi, saya hanya bisa memberikan 3 bintang. Pada intinya, pengalaman saya menonton ini adalah melihat bagaimana uang bisa begitu gila merasuki manusia. Demikian, semoga drama ini sukses memberikan pengajaran dalam kisahnya. Selamat menonton!

Nilai Plus  : Suspense yang seru, misterI yang asyik, action yang panjang
Nilai Minus : Lelah hatiku, berharap dia bisa foya-foya dengan uangnya. Belanja, shopping, salon, makan enak, beli rumah kayak istana.. Ternyata adegan menyenangkan itu terjadi sangat singkat, itupun hanya sedikit. Ih, kezel deh. 😭😭😭


Cast 99 Billion Woman - Source : Google.com

Nah sekian dulu pendapat saya soal Drama ini. Kamu sudah atau belum pernah nonton nih? Cerita di kolom komentar ya...

Ditulis oleh : Sakinah Annisa Mariz

2 comments

  1. Terima kasih sudah mampir dan berkomentar di blog saya. Blogwalking siap meluncur!

    ReplyDelete

Mohon tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih.

Literasi Digital