ASUS Vivobook Go 14, Laptop Generasi Terbaru yang Tangguh dengan Budget Terjangkau

#SakinahMenulis-Punya laptop yang hardwarenya up to date, kinerja cepat, ringkas dan tangguh alias tahan banting adalah privilege bagi konten kreator, bahkan pelajar dan mahasiswa. Apalagi kalau laptop itu punya bobot yang ringan, tipis, jadi bisa nyempil di dalam tas dan nyaman ditenteng kemana-mana. Duh, pastinya ini memenuhi semua kriteria laptop impian saya.
 
Bersyukur sekali pada Selasa (12/12/2023) kemarin, saya dan teman-teman komunitas Blogger Medan berkesempatan untuk mengenal lebih dekat produk terbaru dari ASUS yaitu Vivobook Go 14 dan Vivobook Go 15. Dalam media gathering yang digelar di Hotel Ibis Style Medan ini, dihadirkan laptop seri Vivobook Go 14 (E1404F) yang diklaim ASUS sebagai laptop thin and light entry-level terbaik. 
 
Penasaran dengan laptop terbaru keluaran ASUS yang bakal menyambut tahun baru 2024 ini dengan segala kecanggihannya? Baiklah saya spill di sini ya!

ASUS Vivobook Go 14 (E1404F)

Perangkat Generasi Terbaru

Keunggulan utamanya laptop ini yaitu punya hardware generasi terbaru, yaitu Prosesor AMD Ryzen™ 7000 U-Series yang sudah pasti punya performa tinggi dan responsif. Hayo, siapa yang paling sering tanya, gimana laptopnya, cepat gak? Lemot gak? Ya enggak dong, kalau laptopnya model begini apalagi sudah pakai memori LPDDR5 dengan kapasitas hingga 16GB. Memori jenis ini katanya punya kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan laptop generasi sebelumnya. Maka kerja laptop jadi lebih hemat energi dan daya tahan baterainya lebih lama.
 
Vivobook Go 14 (E1404F) juga dilengkapi NVMe PCIe SSD dengan kapasitas hingga 512GB yang membuat akses data jadi sangat cepat dibanding dengan SSD SATA atau HDD tradisional. Karena perangkat ini, waktu boot lebih singkat, akses file lebih cepat, dan lebih responsif. Yang suka kerja multitasking, bisa mengerjakan dengan beberapa aplikasi sekaligus dengan cepat.
 
Laptop terbaru dari ASUS ini juga sudah menggunakan Windows 11 Home serta genuine Microsoft Office 2021. Di dalam PC yang lengkap ini sudah termasuk Bu Office Home & Student 2021. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) yang 100% aplikasi original. 


Desain Ramping, Bobot Ringan, Tangguh Pula

Vivobook Go 14 ini adalah laptop portabel yang dimensinya ramping dan ringan. Vivobook Go 14 (E1404F) punya bodi hanya setebal 17,9 mm dan bobotnya cuma sekitar 1,3 kg. Ringan sekali buat nyempil di dalam tas apalagi dibawa ke mana-mana. Cocok nih buat pelajar atau mahasiswa yang hidupnya nomaden, sebentar di sekolah/kampus, sebentar nongkrong di kafe, sebentar lagi udah mampir numpang makan di rumah teman, hehe. Buat pekerja kantoran sampai freelance yang kerjanya kemana-mana juga pas.
 
Desain saja tak cukup, laptop ini juga punya fitur keyboard ASUS ErgoSense. Keyboard ini tuh ketika disentuh sangat nyaman di jari, responnya lebih sensitif, ditekan lembut saja sudah bisa, tak perlu pakai tenaga dalam. Fitur ini penting sekali menurut saya yang sehari-hari bisa ngetik berjam-jam. Bonusnya, juga ada Number Pad yang sewaktu-waktu bisa diaktifkan.
 



Yang paling bikin wow, Vivobook Go 14 (E1404F) diklaim sebagai laptop military grade paling terjangkau di Indonesia. Pasalnya, laptop ini sudah punya berstandar kualifikasi ketahanan militer AS dan punya sertifikasi MIL-STD-810H. Tahu kan, untuk dapat sertifikasi ini sebuah produk elektronik harus lulus 26 prosedur pengujian ketat seperti tekanan, temperatur, kelembaban, dan resistensi terhadap benturan. Makanya tak salah kalau saya bilang ini laptop tahan banting dengan budget paling terjangkau.

Harga Laptop ASUS Vivobook Go 14

  • Vivobook Go 14 harganya mulai dari Rp6.299.000,-

Keunggulan Lain yang Menonjol

  1. Laptop ini layarnya Full HD. Kebayang kan bagaimana jernihnya nonton Netflix atau Nonton Drama Korea dengan laptop layar Full HD. Pastinya mata lebih dimanja dengan kejernihan visual yang detil dan imersif. Kalau kerja mendesain dengan layar begini pastinya sangat membantu buat pilih pallete warna yang tepat. Kabar gembiranya, ada juga fitur low-blue light yang telah disertifikasi TÃœV Rheinland. Fitur anti radiasi ini sangat membantu meminimkan dampak radiasi sinar biru, jadi mata lebih terlindungi dan tak mudah lelah.
  2. Baterai yang fast charging, bisa terisi hingga 60% hanya dalam waktu 49 menit.
  3. Dilengkapi AI Noise Cancelation yang membuat suara kita saat panggilan video lebih jernih dan jelas (anti bising).
  4. Lebih privasi dan aman karena ada penutup kamera depan dan finger print sensor.
  5. Bisa diputar hingga 180 derajat
  6. Dilengkapi port USB Type-C, USB Type-A, HDMI, dan 3.5mm combo audio jack untuk kebutuhan audio.
  7. Laptop ini punya 3 pilihan warna yaitu Cool Silver, Green Grey, dan Mixed Black.
Demikian review laptop ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) semoga dapat menjadi referensi buat kamu yang sedang mencari laptop yang tepat buat belajar atau bekerja. Terima kasih kepada ASUS dan Komunitas Blogger Medan (Blog M) yang membawa saya hadir dalam kegiatan menyenangkan ini. Salam.

 
Ditulis oleh : Sakinah Annisa Mariz

7 comments

  1. Wait, harga 6 jutaan udah secanggih ini. Wajib masuk wihlist kk nih dek soalnya kerjaan kk mmg tiap hari, butuh yg tahan banting gini lah dek. Mau gercep ganti baru biar masih dapat harga 2023 ahh.. thanks shringnya ya dek kina

    ReplyDelete
  2. Aku suka nih laptop selain update hardisknya juga tampilan layarnya HD. buat nulis jd oke ya, moga bisa dibeli taun depan mmg ada rencana ganti laptop

    ReplyDelete
  3. Dengan harga terjangkau tapi udah dapat laptop sekeren ini ya kak, duh jadi pengen ganti laptop

    ReplyDelete
  4. Lihat warnanya sangat bagus, dan juga laptop ini tipis, bener-bener rekomendasi. Semoga bisa terwujud untuk memilikinya. Ngomong-ngomong untuk yang bekerja tipe apa ya Kinah?

    ReplyDelete
  5. Gileeee. Dengan fitur sebanyak itu kita dapetin dengan harga seekonomis itu. Ngilerrrrrrrrrrr, Kak.

    ReplyDelete
  6. Dengan specs canggih begini hargnya gk sampe 7 juta? Aku sampe ngecek tulisan harganya 2 kali. Ckck...laptop yang mengerti jowa emak-emak nih.

    ReplyDelete
  7. Cuman 6 jutaan udab spek dewa. Bakal masuk wishlist banget sih ini

    ReplyDelete

Mohon tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih.

Literasi Digital