DKM Gelar Event Medan Berseni 2018 Selama 12-14 Oktober 2018

#SakinahMenulis-Dewan Kesenian Medan (DKM) bersama Dinas Kebudayaan Kota Medan menggelar event Medan Berseni 2018 selama 3 hari berturut-turut yaitu pada Jumat-Minggu (12-14/10/2018) di Merdeka Walk, Jalan Balaikota Medan.

www.kinamariz.com
Dewan Kesenian Medan (DKM)
Ketua BPH DKM Rianto Aghly SH menjelaskan, program pergelaran Medan Berseni 2018 digelar untuk mengangkat seni dan budaya milik masyarakat kota Medan dan mempopulerkannya. "Tampilnya atraksi seni dan budaya di event Medan Berseni 2018, diharapkan menggugah kesadaran luhur dan indahnya kekayaan yang dimiliki Kota Medan dengan keberagaman multietnisnya," ujarnya, dilansir dari Beritasumut.com, Kamis (11/10/2018).

Pria yang kerap disapa Anto Genk ini menuturkan, Medan Berseni 2018 akan menampilkan keberagaman atraksi seni dan budaya dari etnis yang ada di Kota Medan. "Selama 3 hari tersebut akan diisi dengan Karnaval Budaya, Atraksi Pencak Silat, Persembahan Tari, Hiburan Musik, Seniman Medan Baca Puisi, Lomba Melukis dan Lomba Pantun untuk para pelajar dari 21 kecamatan se-kota Medan, serta ditutup dengan pagelaran teater Komedi Bangsawan," jelas Ketua BPH DKM.

Menurut Anto Genk, sajian ini akan menunjukkan kepada wisatawan, terkhusus kafilah dari seluruh provinsi di Indonesia yang sedang mengikuti MTQN XXVII 2018 di kota Medan, tentang betapa kayanya keragaman seni budaya di Kota Medan. "Mengangkat kearifan lokal dan menjadikan keragaman seni budaya sebagai aset yang tidak ternilai di bidang kepariwisataan, perlu adanya sinergitas antar lembaga dan OPD. Tentunya dengan tupoksinya masing-masing," tegasnya.

www.kinamariz.com
Flyer Medan Berseni 2018
Sementara itu, Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menanggapi dan mengapresiasi positif event Medan Berseni 2018 ini. "Apalagi Kota Medan saat ini ramai dikunjungi para kafilah MTQN XXVII dari seluruh provinsi di Indonesia. DKM dapat memanfaatkan moment tersebut untuk memperkenalkan kekayaan budaya dan keberagaman Kota Medan yang multi etnis," katanya, beberapa waktu lalu.

Bambang Sumantri dari Komite Sastra DKM selaku ketua panitia mengungkapkan, Medan Berseni 2018 dijadwalkan akan dibuka Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi, pada Jumat (12/10/2018) sore sekira pukul 16.00 WIB."Pada hari pembukaan akan diisi karnaval budaya dari belasan etnis yang ada di Kota Medan, diiringi atraksi pencak silat dan dirangkai dengan tarian tradisional dan gegarmayang, sebagai sesembahan penyambutan ucapan selamat datang pada undangan dan masyarakat," ungkapnya.

Kemudian di hari kedua, Sabtu (13/10/2018), acara akan diisi dengan kegiatan Lomba Berbalas Pantun dan malam harinya dilanjutkan dengan konser musik tradisional. Di samping itu juga, papar Bambang, akan ditampilkan pertunjukkan visualisasi puisi dan disusul dengan penyair/deklamator baca puisi."Diharapkan, pada penutupan Medan Berseni 2018, Ketua DPRD Medan Henry Jhon Hutagalung yang menutupnya secara resmi dan berakhir dengan pergelaran Komedi Bangsawan," pungkas Bambang.

www.kinamariz.com
Flyer Medan Berseni 2018
Dibagikan ulang oleh : Sakinah Annisa Mariz

1 comment

  1. Silahkan untuk berkomentar, namun ingat ya link hidup tidak diperkenankan diletak sembarangan di sini. Insya Allah saya siap kok blog walking tanpa harus nempel-nempel backlink. Ok. Thanks

    ReplyDelete

Mohon tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih.

Literasi Digital