Cari Info Loker? Sudah Coba di Situs Ini Belum?

#SakinahMenulis-'Pekerjaan ibarat sebuah roda. Dia membawa kita bergerak dari satu fase ke fase kehidupan berikutnya,' demikian prinsip hidup saya. Saya akui, masa terberat yang pernah dijalani dalam hidup adalah masa menganggur alias mencari pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi.
Ini tentu sulit, mengingat tidak setiap hari ada lowongan pekerjaan (loker) yang sesuai dengan minat dan keinginan saya. Ditambah lagi, susahnya mendapat info loker yang terpercaya membuat saya sempat ragu-ragu untuk melamar di perusahaan yang direkomendasikan.
Jengkel karena disebut pengacara alias pengangguran banyak acara, dulu saya pun kerap bertanya pada teman-teman di grup untuk mencari pekerjaan yang sesuai passion. Beberapa teman ada yang menjawab belum, ada juga yang berjanji nanti-nanti, tapi lebih banyak yang menyarankan saya untuk browsing di Internet. Penasaran dengan yang disarankan teman, saya pun membuka Situs Pencari Kerja Terpercaya di Indonesia di Google. Ketika saya mengetiknya, muncullah nama-nama situs ini Jobstreet.com, Karir.com, Loker.id, Duniakaryawan.com, dll.

Dari sekian banyak pilihan, saya coba memilih untuk browsing dengan Jobstreet. Ternyata ada juga laman khusus pengguna di Indonesia. Ternyata situs ini bukan hanya menyediakan info loker di Indonesia, namun juga seluruh dunia. Kita bisa pilih posisi pekerjaan yang diinginkan, wilayah/lokasi kerja, sampai gaji yang ditawarkan sesuai dengan kualifikasi pelamarnya. Wih, mantap!

www.kinamariz.com
Cari Info Lowongan Kerja di Jobstreet.com
Begini tampilannya saat saya coba buka via PC?Laptop. (Bisa juga dibuka via HP/Smartphone, tapi saya lebih suka dengan menggunakan PC/Laptop. Selain tampilannya lebih leluasa, kita bisa cepat mengetikkan dan menemukan kebutuhan kita. Namanya juga masih tahap cari kerja, ya usaha sedikitlah.

Setelah dicari di situs ini, benar saja, ada banyak (puluhan ribu) perusahaan terpercaya yang memberikan info lowongan kerja terbarunya di situs ini. Kita sebagai Job Seeker juga dibuat mudah. Di situs ini, pelamar bisa menemukan pekerjaannya dengan DAFTAR atau TANPA Mendaftar. Asyik, jadi bisa bebas pilih-pilih sesuai selera dan nggak buang waktu, nggak perlu capek-capek berdesak-desakan di bursa kerja lagi deh. (Seram juga baca berita soal membludaknya pelamar di bursa kerja. Di kota X malah ada korban luka dan pingsan terinjak-injak massa saat antre melamar kerja! Miris)

Sebenarnya ada beberapa alasan mengapa saya lebih suka mencari kerja di situs lowongan kerja terpercaya. Hal itu karena :

1. Mencari kerja di zaman transformasi digital ini perlu serba cepat, ringkas. Orang-orang semakin kompetitif dalam menemukan peluang. Menunggu pekerjaan dari rekomendasi keluarga/teman itu udah tidak zamannya lagi. Apalagi sekarang perusahaan/sekolah/kantor/lembaga itu lebih banyak menyediakan konten via digital.

www.kinamariz.com
Cari Info Lowongan Kerja di Jobstreet.com
2. Cari kerja bukan soal bekerja saja, namun juga passion dan loyalitas. Coba ngaku, mana lebih enak, kerja asal dapat uang saja atau kerja sesuai passion kamu? Ya pastilah kerja sesuai passion dan kompetensi kita. Kalau dulu, namanya cari kerja yang mana bisa pilih-pilih, kita yang dipilih layak-tidaknya oleh perusahaan. Tapi sekarang dengan adanya situs pencari kerja, kita bebas memilih bebet-bibit-bobotnya sesuai selera. Udah kayak cari jodoh aja, haha!

3. Reminder Always, cari kerja itu nggak segampang makan kerupuk. Ya jelaslah. Saya sering gemas lihat adik-adik kampus yang Fresh Graduate lalu mengeluh soal susahnya cari kerja. Kadang sambil tertawa, mereka malah bilang "Mendingan nunggu dilamar daripada melamar kerja Kak Kin," candanya. Duh, namanya hidup itu memang sering naik-turun. Makanya ada istilah menjemput rezeki. Uniknya, di Jobstreet kita seperti disuruh menjemput rezeki terus tanpa PHP. Kalau kita mendaftar di situsnya dan minta info berlangganan, biasanya timnya akan rutin mengirimkan info loker ke email kita. Jadi terus di remind sampai kita dapat pekerjaan impian.

www.kinamariz.com
Cari Info Lowongan Kerja di Jobstreet.com
4. Dapat kerja tanpa harus korbankan waktu dan tenaga. Ada tuh istilah peras keringat, banting tulang kalau mau cari kerja ya. Nih sekarang ganti ceritanya dengan lincah ketik dan gesit ngirim lamaran. Jadi nggak sampai keringat-keringat juga melamar job via internet, yang penting kita siapkan perangkat lamaran kita seperti CV, Scan Ijazah, Transkrip Nilai, Scan KTP/Kartu Identitas lainnya (sesuai permintaan perusahaan) untuk disertakan di lamaran yang kita tuju. Ingat, kita zamannya kerja cerdas, bukan cuma kerja keras.

Soal cerita saya, Alhamdulillah saat ini sudah mendapat pekerjaan yang menyenangkan sesuai minat saya yaitu menulis. Bagaimana dengan kamu? Masih bingung saat cari info lowongan kerja, atau malah sudah pengen resign cari pengalaman di tempat baru? Yuk ngobrol di sini!




Ditulis oleh : Sakinah Annisa Mariz

6 comments

  1. Silahkan untuk berkomentar, namun ingat ya link hidup tidak diperkenankan diletak sembarangan di sini. Insya Allah saya siap kok blog walking tanpa harus nempel-nempel backlink. Ok. Thanks

    ReplyDelete
  2. Aku kalau cari kerja, dari aplikasi ini kak. Mudah, praktis, banyak info loker, dan hemat waktu. Sampai sekarang masih terinstal aplikasi ini di hape

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, iya lumayan ya bang. Bisa sambil dilihat-lihat dulu yang mana sesuai yang bang. Thankyou udah mampir

      Delete
  3. recomended banget ini aplikasi ya kita tidak perlu susah lg cari lowongan kerja dengan cara keluar dr rumah tinggal pencet lgsug keliatan loker mana yg lagi buka bisa sambil santai lg dirumah sambil ngopi 😍

    ReplyDelete
  4. Aplikasinya mudah digunakan dan praktis sekali, kapanpun kita bisa cari info loker yang sesuai dengan keinginan kita, terima kasih mba.

    ReplyDelete
  5. hahaha, aplikasi dan website ini jadi sahabat setia saya sejak dulu mba, nyari kerja di sini, dan sering dapat panggilan kerja juga dari sini.

    Jadi kangen masa kerja hehehe :)

    emang membantu banget nih, dulu saya ngalamin yang namanya mantengin koran cari lowongan , kirim lamaran keliling kota, beneran melelahkan

    ReplyDelete

Mohon tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih.

Literasi Digital