Bahan-bahan Alami Ini Ampuh Hilangkan Ketombe


#SakinahMenulis-Bercak putih, kadang berkerak dan gatal di kulit kepala memang tidak menyenangkan. Apalagi buat perempuan yang berhijab sepertiku, pengalaman pernah dihinggapi benda kecil yang disebut ketombe ini menjadikanku anti dan super cerewet dalam perawatan rambut. Penyebab ketombe datang ini bermacam, katanya sih bisa jadi karena kulit kepala yang tidak sehat, terlalu kering atau terlalu lembab. Kebiasaan gonta-ganti produk shampo. Ketularan sisir yang dipakai pengidap ketombe. Kurang menjaga kebersihan kulit kepala, hingga menjadi tanda penyakit tertentu. Duh, gawat ya. Karena menyebalkannya gangguan ketombe ini, baiklah saya berbagi informasi tentang 7 bahan alami yang terbukti ampuh menghilangkan ketombe.

1. Lidah Buaya (Aloe Vera)

Semua orang pasti tahu, tumbuhan berduri yang isinya serupa gel ini banyak sekali mengandung manfaat untuk rambut dan kulit. Salah satunya ya untuk meregenerasi kulit kepala yang dihinggapi ketombe. Saat ini memang banyak sekali shampoo ataupun cream berbahan dasar aloe vera, namun baiknya pengobatan dilakukan dengan bahan alami. Karena bisa saja ketombe datang karena banyaknya paparan zat-zat kimia di rambut (penggunaan hair spray dalam waktu lama, terlalu sering mewarnai rambut, alergi vitamin rambut). Caranya :
  • Potong 1-2 batang Lidah buaya dan kupas kulit hijau berdurinya. Dapatkan gel isinya dan lumatkan di 1 wadah.
  • Selesai keramas, oleskan gel di kulit kepala. Pijat dengan lembut dan pastikan gel menggerus permukaan kulit kepala yang berketombe. Rambut akan kaku dan lengket karena getah aloe vera, namun untuk memijat, basahi tangan dengan sedikit air.
  • Diamkan selama 10-15 menit agar meresap ke kulit kepala, bungkus dengan handuk hangat.
  • Bilas dan keramas lagi untuk menghilangkan bau getahnya di rambut. Lakukan rutin 1-2 kali seminggu sesuai kebutuhan.

2. Jeruk Nipis dan Minyak Kelapa
Dua bahan alami ini berbeda dalam bentuk dan rasa, namun punya manfaat baik untuk kulit kepala. Caranya, 1-2 jam sebelum keramas, peraskan jeruk nipis di secawan kecil minyak kelapa. Oleskan di kulit kepala dan pijat hingga meresap.Zat asam pada jeruk nipis di kulit kepala kering akan menggerus ketombe, sementara kandungan baik di minyak kelapa akan menutrisi akar rambut sehingga menganggat sel kulit kepala yang mati. Lakukan 1-2 seminggu dengan campuran perasan jeruk dan minyak 1:2.

3. Minyak Kemiri, Minyak Zaitun, Minyak Cem-ceman

3 macam minyak dengan manfaat baik ini akan menyembuhkan ketombe bila digunakan dengan tepat. Masing-masing punya keistimewaannya tersendiri, misalnya minyak kemiri untuk menghitamkan dan menguatkan akar rambut. Minyak Zaitun untuk memperbaiki kulit kepala rusak dan melembutkan rambut, minyak cem-ceman dari segi aroma lebih pekat dari keduanya namun hasilnya rambut sehat berkilau dan kulit kepala sehat. Tips, dipilih salah satu mau menggunakan minyak yang mana. Jangan mencampur-campur pengobatan semisal hari Senin menggunakan minyak ini, Selasa menggunakan yang itu. Pengobatan campur-campur malah akan membuat kulit kepala makin kering. Memang mengobati ketombe dengan bahan alami relatif butuh waktu. Namun ini lebih manjur daripada menggunakan bahan kimia yang punya efek lebih buruk.

4. Masker Telur dan Madu

Kata siapa merawat rambut berbeda dengan kulit kepala. Kulit kepala adalah medium tumbuhnya rambut, jadi jika ingin mendapatkan rambut yang sehat, harus dibarengi dengan kulit kepala yang sehat. Masker madu telur ini terkenal membuat rambut sehat, kuat dan halus. Namun bagi penderita ketombe, masker ini juga bagus untuk mengurangi dan menyehatkan kulit kepala. Caranya, ambil 2 buah telur, pisahkan putih dan kuningnya. Campurkan dengan 5-6 sdm madu. Oleskan dari pangkal hingga ujung rambut. Pijatkan ke kulit kepala dan bungkus dengan handuk hangat 10-15 menit. Lakukan 1-2 kali seminggu. Tips: membuat masker telur pisahkan kuning dan putih telurnya. Jika ingin masker dengan kuning telur, bisa beri campurannya minyak zaitun. Jika masker dengan putih telur, campurannya madu. Sebab kuning telur dan madu jika dicampurkan akan mendapatkan efek menggumpal sehingga sulit dioleskan menjadi masker.

5. Garam atau Baking Soda
Cara ini terakhir bila ketombe sudah parah dan menyerang sporadis. Garam ini sifatnya tajam, mengikis dan menggerus sel-sel kulit mati di kulit kepala. Demikian pula dengan baking soda. Dua bahan ini bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan ketombe parah. Hanya saja syaratnya pengidap ketombe harus berambut pendek. Karena jika berambut panjang dikhawatirkan bisa merusak warna rambut. Oleh karena itu pemakaiannya juga secukupnya. Dipilih saja ingin mengobati dengan garam atau dengan baking soda. Caranya, sebelum keramas, basahi kepala. Gosok kulit kepala dengan salah satu bahan yang disukai. Kemudian balut kepala dengan handuk yang sudah direndam ke air hangat. Selamat mencoba!

Ditulis oleh Sakinah Annisa Mariz

3 comments

  1. Terima kasih sudah mampir dan memberi komentar di blog saya. Blogwalking siap meluncur!

    ReplyDelete
  2. Banyak bahan alami yang bisa untuk obat ketombe ini. Kalau resep nenek, pakai bawang tumbuk. Bawangnya dihaluskan dan dioles ke kulit kepala yang ketombean. Bau sih, cuma luka ketombe cepat sembuh. Tidak gatal lagi kepalanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, ternyata banyak ya mbak khasiat bawang. Terima kasih sudah berbagi info ya mbak.

      Delete

Mohon tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih.

Literasi Digital