Baju Baru, Pelengkap Kebahagian di Hari Lebaran



#SakinahMenulis-Selama ini kita mengidentikkan lebaran dengan sesuatu yang baru, salah satunya dalam hal berbusana. Tak heran jika lebaran tinggal beberapa hari lagi, pusat-pusat perbelanjaan sudah 'diserbu' masyarakat untuk berbelanja. Membeli baju baru sudah menjadi budaya sebagian kaum muslimin untuk merayakan lebaran.

Tuntutan memakai baju baru di saat lebaran seperti sudah menjadi hal yang tak bisa ditawar lagi di tengah masyarakat kita. Khususnya bagi anak-anak. Tak ada baju baru, sepertinya hari lebaran ada yang kurang. Apalagi sebagian besar dari kita dalam setahun sekali, membeli baju baru terjadi pada saat lebaran seperti sekarang ini.

Di zaman seperti sekarang ini, gaya dan jenis baju lebaran sangat banyak dijumpai di pasaran, baik di mal-mal hingga pedangan kaki lima. Kebanyakan yang dijual adalah baju-baju dengan desain yang modern dan sedang ngetren. Banyaknya pilihan tersebut membuat kita kadang bingung memilih mana yang harus dibeli. Nah, agar kita tidak menyesal setelah membeli baju tersebut, ada beberapa hal yang harus kita pikirkan sebelum membelinya.

Pertama, kita harus bisa menyesuaikan kegunaan baju tersebut. Alangkah baiknya jika baju yang kita beli dapat dipakai dalam acara apapun di kemudian hari. Kedua, jangan terkecoh dengan bentuk, corak dan desain baju yang dijual. Sayangkan, kalau baju yang sudah kita beli ternyata hanya dapat dipakai di momen-momen tertentu saja. Ketiga, kualitas bahan. Ini faktor penting yang harus kita pikirkan. Memang tak bisa dipungkiri, harga sangat tergantung dengan kualitas. Meski begitu, jika kita jeli bukan tak mungkin kita bisa mendapatkan kualitas bagus dengan harga yang murah.

Selanjutnya yang keempat, dan ini yang paling sangat penting untuk kita pikirkan saat membeli baju baru, yakni masalah kenyamanan.Seberapa mahalnya baju yang kita beli namun jika kita tidak nyaman untuk menggunakannya, lebih baik jangan dibeli. Jangan tergoda dengan merk dan desain yang menggoda mata. 

Memakai baju baru adalah pelengkap kebahagian di momen lebaran. Kita harus pintar dan pandai memilih mana yang cocok dengan kebutuhan. Apabila sudah sesuai, momen lebaran tentu akan menjadi lebih bermakna. Bisa berkumpul dan bersilaturahmi dengan sanak keluarga.  

Ditulis oleh : Sakinah Annisa Mariz

2 comments

  1. Terima kasih sudah mampir dan memberi komentar di blog saya. Blog walking siap meluncur!

    ReplyDelete
  2. Makanya beli baju di Online Shop Arum saja, tak payah belanja harga pun dapat diskon lah bu Kina, hehe

    ReplyDelete

Mohon tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih.

Literasi Digital