Pertolongan Pertama Pada Jerawat di Wajah


#SakinahMenulis-Tuss, jerawat di keningku kupecahkan dengan ujung kuku. Sakitnya bukan kepalang, airmata sampai mengalir menahankan nyeri akibat kuku bertemu kulit. Bintil keras jerawat terkelupas dan terangkat, tapi efek bopeng dan lukanya, menimbulkan banyak masalah. Bagaimana ini?

Jerawat selalu jadi musuh bagi yang menginginkan kulit wajah mulus berseri tanpa noda. Apalagi untuk usia yang bukan remaja, khususnya perempuan dengan usia di atas 20-an, pasti sebal jika harus berurusan dengan si kecil nakal ini. Terlebih, jerawat ini pasti muncul di kala tubuh sedang memproduksi hormon untuk menstruasi. Berarti kehadirannya sudah pasti setiap bulan. Di sini saya akan berbagi cara pertolongan pertama mengatasi jerawat. Cara ini hanya untuk pertolongan pertama, namun biasanya setelah mendapatkan pertolongan, jerawat akan kempis sendiri secara alamiah. Namun bila makin parah, segera temui dokter kulit sebelum wajah makin parah karena jerawat.

  • Langkah Pertama, Kenali Sebab
Munculnya jerawat pada pria ataupun wanita tidak serta merta. Ada alasan membersamainya, misalnya pubertas, menjelang syndrome pms, kulit wajah kering, kulit berminyak, malas mencuci muka, alergi terhadap produk kosmetik, jenggot ataupun kumis yang tidak dirapikan, obesitas, ganguan hormon, konsumsi obat, terpapar bakteri, hingga stress. Oleh karena itu perlu mencari tahu dulu penyebab utama jerawat. Jika penyebabnya adalah kosmetik yang tidak cocok, segera hentikan pemakaian dan hubungi dokter kulit. Jika penyebabnya adalah faktor kebersihan, maka mulai sekarang jangan pernah memegang wajah dengan tangan yang kotor. Cucilah wajah minimal 2 kali sehari, bila menggunakan kosmetik, pergunakan micellar water untuk mengangkat habis sisa kosmetik di kulit karena mencuci dengan air dan sabun saja tidak cukup.

  • Langkah Kedua, Cari Bahan Alami
Ada banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk mengempiskan jerawat yang sedang meradang. Bahan tersebut yaitu lidah buaya, putih telur, bawang putih, lemon, madu, tomat dan masih banyak lagi. Jika tidak terburu-buru, bisa menggunakan bahan alami dibanding mengolesnya dengan krim kosmetik yang masih saja punya kandungan kimiawi. Salah satu bahan yang paling cepat meredam radang jerawat ini adalah bawang putih. Caranya kupas 1 siung bawang putih. Potong tengahnya dan tempelkan bagian dalam ke jerawat yang membengkak. Usap perlahan, jangan digosok karena akan menimbulkan iritasi. Bawang putih ini panas, namun membantu keluarnya mata pada jerawat/bisul yang sedang meradang. Setelah jerawat kempis, ambil putih telur dan oleskan ke permukaan wajah. Ambil sehelai tissue yang sangat tipis kemudian tempelkan di wajah bersama putih telur tadi. Biarkan hingga kering dan tarik, komedo serta biji jerawat akan ikut tertarik. Usai wajah dibilas bersih, bisa menggunakan krim lidah buaya untuk perawatan.

  • Langkah Ketiga, Konsumsi Bahan Alami
Pengobatan terbaik bukan dari luar namun juga dari dalam. Jika kita malas konsumsi air putih, makan yang berminyak dan tinggi gula, suka minum minuman kaleng bersoda, merokok dan malas mencuci muka, bukan hanya jerawat yang muncul, namun penyakit lain juga akan hinggap di tubuh. Konsumsilah buah dan sayur untuk kesehatan tubuh. Jagalah baik-baik hartamu yang paling berharga yaitu kesehatan. Satu jurus utama hidup sehat adalah konsumsi air putih minimal 8 gelas per hari. Jika ingin detoks racun di tubuh besar-besaran, biasakan meminum perasan air jeruk nipis setiap bangun pagi. Jeruk nipis peras (jeniper) sangat baik menjaga imunitas tubuh dan membersihkan organ pencernaan. Jangan sepelekan jerawat karena sesuatu yang besar bisa bermula dari tanda yang kecil.

  • Langkah Keempat, Perawatan
Sekarang ini banyak sekali masker kecantikan kulit dan wajah di jual di pasaran. Salah satu masker andalan saya yaitu masker spirulina dan masker bengkoang. Pastikan membelinya dengan brand yang sudah terjamin BPOM. Jangan malas dan merasa rugi jika meluangkan waktu untuk perawatan. Bagaimanapun, mencegah lebih baik daripada mengobati.

Ditulis oleh Sakinah Annisa Mariz

2 comments

  1. Terima kasih sudah mampir dan memberi komentar di blog saya. Blog walking siap meluncur!

    ReplyDelete
  2. Kalau ada jerawat jangan pencet, cepat kasih odol langsung kempes loh. Saya sudah coba

    ReplyDelete

Mohon tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih.

Literasi Digital