Pucuk Coolinary Festival 2019 Manjakan Puluhan Ribu Lidah Orang Medan


#SakinahMenulis-Kota Medan sering dijuluki kota kuliner, sebab keberagaman etnis dan multikulturnya yang membuat orang (warga) Medan kaya selera. Tak heran, para food hunter atau foodies kerap berburu kuliner bila mampir ke Ibukota Sumatera Utara ini. Kabar baiknya, di penghujung bulan Agustus hingga awal bulan September 2019 ini, sebuah Festival kuliner terbesar diselenggarakan di Kota Medan. Event tersebut adalah Pucuk Coolinary Festival yang digelar di Lapangan Parkir Plaza Medan Fair, selama dua hari berturut yaitu 31 Agustus dan 1 September 2019. Duh, pastinya event ini menjadi incaran Orang Medan.



Perjalanan Menemukan Rasa Favorit
Bukan rahasia lagi kalau Orang Medan doyan makanan enak. Dengan takaran bumbu yang pas, manis, pedas, gurih dalam standar Orang Medan juga punya karakteristik tersendiri. Kiranya tantangan ini yang ingin dieksplorasi lebih semarak oleh Teh Pucuk Harum sebagai penyelenggara festival.

"Medan sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia dikenal dengan keistimewaan kuliner yang beragam. Pengaruh dari berbagai ciri khas suku yang ada membuat kota Medan menjadi destinasi wisata kuliner favorit yang selalu menjadi pilihan foodies dari berbagai kota di Indonesia," sebut Junior Brand Manager Teh Pucuk, Kitto Kristanto di sela-sela Media Gathering bersama awak media dan blogger di Warung kudeta, Jalan Hang Tuah - Medan, pada Kamis (29/08/2019).


Media Gathering #PCFMedan2019 di Warung Kudeta, Kamis (29/08/2019)
Tak hanya ingin mengeksplorasi wisata kuliner di Medan, sebut Kitto, #PCFMedan2019 ini juga ingin menggandeng para pelaku UMKM berbasis kuliner. "Jadi ada lebih dari 80+ tenant kuliner yang kita ajak dalam festival ini. Semuanya dibagi dalam 3 kategori yaitu Zona Pedas, Zona Manis, dan Zona Gurih. Kategori ini akan memanjakan para foodies yang ingin menikmati sajian kuliner favoritnya. Selain itu, kita juga siapkan camilan gratis yaitu 'Bagi-Bagi 10,000 Porsi Mie Balap Mail' dan 'Happy Hour' yang sangat memanjakan lidah dan kantong para pecinta kuliner yang hadir. Ada pula kompetisi 'Spicy King Noodle', Voting Tenant Favorit, hingga undian berhadiah Yamaha NMax yang diumumkan setiap akhir acara," paparnya.


Bersama awak media dan blogger #PCFMedan2019 di Warung Kudeta, Kamis (29/08/2019)
Dalam media gathering yang dipandu MC Kathy Natasya itu, turut pula diundang, Co-Founder dari platform @MakanMana Leonarce. Selaku platform yang menyoroti trend kuliner di Medan, Koh Leo, demikian akrab disapa mengatakan bahwa Medan terkenal dengan seleranya yang kaya. "Keberagaman yang membuat orang Medan ini kaya rasa. Karena itu cocok sekali dengan konsep Pucuk Coolinary Festival yang bertema 'Temukan Rasa Favoritmu!" ini," katanya.


Juara Spicy King Noodle Contest di Media Gathering #PCFMedan2019 di Warung Kudeta, Kamis (29/08/2019)
Sembari berbincang soal 'Rasa Favorit', para awak media dan blogger pun diajak makan siang bersama. Tak disangka, di akhir gathering, penyelenggara menyiapkan "Spicy King Noodle Contest" ala Warung kudeta untuk para undangan. Enam kontestan diajak menghabiskan seporsi mie goreng pedas dengan level yang sukses bikin huh-hah dalam waktu kurang dari 10 menit. Tentunya momen seru ini tak terlupakan, apalagi di akhir pengumuman semua pemenang mendapatkan hadiah dari Teh Pucuk Harum.

Media Gathering #PCFMedan2019 di Warung Kudeta, Kamis (29/08/2019)

#PCFMedan2019 Resmi Dibuka, Dua Hari Penuh Berwisata Kuliner 
Sabtu pagi, langit biru cerah menyambut pembukaan salah satu festival kuliner terbesar di Indonesia. Diselenggarakan secara akbar oleh Teh Pucuk Harum, Medan menjadi kota ketiga yang disambangi, setelah sebelumnya sukses digelar di Malang dan Bandung di tahun 2018, dan Yogyakarta pada Maret 2019 lalu. Bukan main, Pucuk Coolinary Festival Medan 2019 melibatkan lebih dari 80 tenant kuliner favorit yang dibagi dalam 3 zona rasa, yaitu Pedas, Manis, dan Gurih.

Pembukaan #PCFMedan2019 di Lapangan Parkir Plaza Medan Fair, Sabtu (31/08/2019)
Bangga sekali, Pucuk Coolinary Festival dibuka resmi oleh Wakil Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi, didampingi Kepala Dinas Pariwisata Kota Medan, Drs Agus Suriyono. Hadir pula National Sales & Promotion Head PT Mayora Indah Tbk - Henry David Kalangie, dan Junior Brand Manager Teh Pucuk - Kitto Kristanto, bertempat di panggung utama, Lapangan Parkir Plaza Medan Fair, Sabtu (31/08/2019) pagi.


Tari Serampang Duabelas, membuka acara
Dibuka dengan Tari Serampang Duabelas, sambutan demi sambutan dihaturkan para stake holder yang menyukseskan festival ini. Sebagai tanda dibuka resmi, Gondang, alat musik tradisional pun ditabuh, juga balon-balon cantik diterbangkan si Ulat Hijau - ikon dari Teh Pucuk Harum. Hiburan berupa performance dari Dancer dan Band Lokal turut menyemarakkan acara ini. Apalagi dengan datangnya Youtubers Kondang Arif Muhammad alias Mak Beti di antara tenant kuliner, membikin semangat para pengunjung semakin gempita dan meriah. 


Puluhan tenant kuliner jadi sasaran, belum lagi saat sesi "Bagi-Bagi 10,000 Porsi Mie Balap Mail” dan ”Happy Hour” yang memberikan potongan harga Rp.10.000,- yang berlaku untuk semua stand. Lidah dan kantong para pecinta kuliner ikut dimanjakan. Saya sendiri ikut mengantri Mie Balap Mail ini, hanya dengan menunjukkan dua botol Teh Pucuk Harum, kita bisa mendapat seporsi Mie Balap nikmat racikan Bang Mail. Hm, ternyata walaupun disajikan dalam jumlah massal, kualitas dan rasa mie balap legendaris ini tak berubah. Hal itu karena semua bahan dimasak di tempat dan pastinya lebih fresh secara penyajian. Saya sendiri sampai mengambil dua porsi, bukan karena lapar ya, tapi memang doyan, hehe.

Spicy King Noodle Contest
Menjelang sore hari, kompetisi berhadiah jutaan rupiah dimulai, yaitu 'Spicy King Noodle Contest'. Efek tak ikutan saat Media Gathering kemarin, saya masih amat penasaran dengan Lomba Makan Mie Pedas ini. Dengan sok percaya diri, saya ikut mendaftar di lomba ini. Syaratnya cukup banyak, yaitu salah satunya harus benar-benar komitmen siap lahir batin mengonsumsinya. Karena bila ada muntah atau menumpahkan makanan, dianggap gugur. Okelah, batin saya. Karena memang saya suka makanan pedas.

Kompetisi pun dimulai, dalam sesi pertama, 30 peserta didudukkan. Di hadapan kami, ada 3 kotak mie pedas yang levelnya Tobat, alamak minta ampun pedasnya. Dengan mengambil nomor 24, saya pun dudk bersama kontestan lainnya. Ting! Waktu yang ditentukan dimulai, saya harus menghabiskan secepat mungkin 3 kotak mie level goreng yang sudah disediakan tanpa muntah, tumpah atau alasan apapun. Ternyata tak semulus yang saya pikir. Oih mak, susah betul menelan mie yang pedasnya langsung menyambar di lidah. Sementara sorak-sorai penonton bergemuruh menyemangati kami, pandangan saya sudah berair. Susah payah saya akhirnya berhasil menelan habis 3 kotak itu dan mendobrak toleransi limit pedas di lidah. Meski tak melanjut ke babak final, saya cukup puas bisa melampaui lomba makan pertama dalam hidup saya. Oh, sungguh momen tak terlupakan saat saya kepedasan, panitia dan tim medis sigap mengambilkan susu, air mineral dan tissue. Walau tak dapat hadiah, bagi saya pengalaman itu juga tak terlupakan.


Sebelum pengunjung semakin padat #PCFMedan2019 di Lapangan Parkir Plaza Medan Fair

Animo yang luar biasa dari para pecinta kuliner ini juga sangat terasa saat panitia memberikan kertas voting dan nomor undian. Jadi, ketika kita selesai berbelanja, penjual memberikan selembar bukti pembelian yang bisa ditukar dengan kupon undian. Di kupon itu juga ada lembaran vote untuk mendukung ’Tenant Kuliner Favorit’ dari 3 kategori, yaitu Zona Pedas, Gurih, dan Manis. Pemenangnya dipilih berdasarkan voting terbanyak dari para pecinta kuliner. Dengan hadiah uang tunai senilai 15,000,000 rupiah, setiap tenant bisa mengembangkan bisnis kuliner mereka.

Selamat kepada Basoka dari Zona Pedas, Dapur Vina dari Zona Gurih, dan Bakpau Muslim dari Zona Manis yang memenangkan apresiasi dari Teh Pucuk Harum ini. Ketiga tenant kuliner tersebut berhasil menjadi tenant terfavorit karena memiliki totalitas rasa pedas, gurih, dan manis yang pastinya disukai oleh para pengunjung. Buat para pemenang Instagram Photo Contest berhadiah kamera dan dua pemenang Yamaha NMAX, yang pasti makin berlimpah berkahnya.


Belanja dapat potongan harga di sini #PCFMedan2019
#PCFMedan2019 Berhadiah 2 unit Yamaha NMAX
Pucuk Coolinary Festival ini berlangsung sukses, dukungan dan partisipasi para tenant kuliner dan para pecinta kuliner yang telah meramaikan gelaran festival kuliner terbesar ini tampak dari kemeriahan yang berlangsung dan animo yang tetap gempita selama dua hari. Senang sekali bisa hadir dan menikmati seluruh rangkaian acaranya. Semoga dengan hadirnya #PCFMedan2019 dapat terus mengeksplorasi kekayaan kuliner nusantara, khususnya bersama Teh Pucuk Harum.

Ditulis oleh : Sakinah Annisa Mariz

2 comments

  1. Terima kasih telah mampir dan memberi komentar di blog saya. Blog walking siap meluncur!

    ReplyDelete
  2. Makanannya enak-enak, sering sering buat acara seperti gini ya

    ReplyDelete

Mohon tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih.

Literasi Digital