Review Drama Korea VIP (Beuiaipi) 브이아이피


#SakinahMenulis-Saat pertama kali melihat trailernya di VIU, saya sudah ngiler banget pengen nonton film ini. Suasana kehidupan perkantoran yang glamor, politik, intrik, skandal, mode fashion yang luxury, serta kehidupan para VIP ada di sini. Namun setelah nonton langsung drama ini, rasanya bagaimana ya? Hm, baiklah, daripada penasaran ceritanya, izinkan saya mereviewnya ya.
Disclaimer: Buat yang tidak suka spoiler, sebaiknya review ini membantu Anda lebih dekat dengan dan makin suka nonton dramanya😆
Judul      : VIP (Beuiaipi) 브이아이피
Genre     : Drama - Adult - Marriage
Pemain   : Jang Na-ra (pemeran Na Jung-Sun), Lee Sang-Yoon (pemeran Park Sung-Joon), Pyo Ye-Jin (pemeran On Yu-Ri), Lee Chung-Ah (pemeran Lee Hyun-A), Kwak Sun-Young (pemeran Song Mi-Na), Shin Jae-Ha (pemeran Ma Sang-Woo) dan lainnya.
Episode  : 32 Eps
Skor 1-5 : ⭐⭐⭐⭐⭐5 Bintang

Synopsis : K-Drama ini tentang orang-orang yang bekerja di Tim Manajemen VIP Pasaraya Sung Un, yang menangani belanja para konglomerat di Korea Selatan. Bisnis yang dikerjakan tim VIP ini bukan hanya membantu para konglomerat itu belanja produk-produk mahal yang luxury, tapi juga melayani perjalanan mereka, menyiapkan pesta, hingga menutupi skandal yang kerap terjadi di dunia bisnis.

Direktur Park Sung Joon dan Ketua Tim Na Jung Sun adalah sepasang suami-istri yang mengabdikan dirinya di perusahaan Pasaraya Sung Un. Dalam pekerjaannya, tim beranggotakan Lee Hyun A (putri mantan konglomerat yang mendadak miskin dan hidup dalam kejaran rentenir), Song Mi Na (Ibu bekerja yang sibuk mengasuh dua anak balita), Ma Sang Woo (anak magang yang baru saja jadi pegawai tetap) dan On Yu Ri (anak magang yang ternyata perempuan simpanan).

Cerita dimulakan dengan konflik tentang bagaimana Pasaraya Sung Un memperlakukan Customernya. Dengan tim beranggotakan 4 orang, Jung Sun berupaya sekeras mungkin untuk memenuhi target kerjanya. Hal ini diakui oleh suaminya, Direktur Tim yang juga tangan kanan Wakil Presdir Sung Un. Sesaat penonton akan terbuai dengan fenomena suami istri yang gigih dan giat bekerja.

Masalah dimulai saat Jung Sun menerima sms anonim yang mengatakan bahwa "Suamimu Selingkuh dengan Seseorang di Timmu". Saat yang sama ketika Ibu Mertuanya datang dan membawakan Tonik kesuburan karena mereka belum memiliki anak. Di situ penonton mengetahui bahwa sebahagia apapun pernikahan mereka, tetap ada luka kecil yang tersimpan. Sms itu menjadi awal keretakan hubungan Jung Sun dan Sung Joon.

Jung Sun adalah istri yang selama ini menganggap Sung Joon adalah dunianya, karenanya isu perselingkuhan yang berhembus dari sms anonim ini sungguh mengusiknya dan membuatnya mencurigai rekan timnya. Diam-diam, dia melakukan investigasi kepada 3 wanita yang ada di timnya mulai dari Hyun A, Mi Na, dan Yu Ri.


Poster VIP/ Source: Id.wikipedia.org
Parahnya situasi ketiga wanita ini membuat Jung Sun susah sekali menebak siapakah perebut laki orang (pelakor) itu, dan siapakah pengirim sms misterius itu? Tiga wanita dalam timnya itu semua memiliki motif dan sukar diduga.

Lee Chung Ah as Lee Hyun A/ Source : IniKpop.com
Pertama, Hyun A terkenal playgirl dan punya banyak pacar konglomerat. Dia seperti enigma yang tak tertebak dan punya caranya sendiri memahami orang lain. Siapakah pacar rahasianya?
Kwak Sung Young as Song Mi Na/ Source: Tentangsinopsis.com
Kedua, Mi Na yang ambisius. Dia tega meninggalkan dua buah hatinya demi sesuatu. Dia kabur dari rumah dan menghindari suaminya. Saat kabur di apartemennya, ternyata Mi Na menyimpan catatan kehamilan dan berusaha aborsi diam-diam. Siapakah yang menghamili Mi Na?
Pyo Ye Jin as On Yu Ri/ Source: Tenindonesia.com
Ketiga, Yu Ri. Seorang wanita dari keluarga miskin, lulusan SMA yang bahkan tak punya kredibilitas untuk bekerja di perusahaan Sung Un, mendadak maju ke Tim Manajemen VIP. Siapakah pria yang menyokongnya?

Saya tak mau menjelaskan jalan ceritanya, yang pasti drama ini benar-benar memicu adrenalin. Jalan ceritanya rapi dan akting para pemainnya total. Sukses besar drama ini adalah ketika penulis dan sutradara mampu merepresentasikan kehidupan dibalik orang-orang VIP itu. Bermacam ragam politik dan skandal besar yang tertutup dalam balutan pakaian dan perhiasan mewah. Kadang membuat kita merasa realistis sekaligus dikritik.

 
Akting Jang Na-Ra (Jung-Sun) sebagai pakarnya yang memerankan istri diselingkuhi (sebelumnya peran yang sama di Drama An Empress Dignity, hingga di Drama Go Back Couple, dll) benar-benar super elegan. Saya sangat suka bagian dimana Jung Sun berupaya menginvestigasi kasus perselingkuhan suaminya. Dia tetap tegar, berusaha berpikir logis dan selalu berusaha profesional, tidak mencampur adukkan pekerjaan dan emosinya.

Sungguh drama ini, kalau dipikir-pikir hanya 30% cerita soal tamu VIPnya, namun 70% nya lebih ke konflik rumah tangga Jung Sun dan Sung Joon sebagai pelayannya tamu VIP. Ide perselingkuhan buat saya adalah tema dewasa, karena itu saya melabelinya dengan Adult walaupun secara adegan (hanya sekali itu pun hanya ciuman suami-istri) dan nyaris tidak ada petik adegan syur atau penampakan "selingkuh" dalam ekspektasi yang vulgar. Tema ini disitir dengan halus dengan mempertimbangkan hubungan sebab-akibat. Hal itu tampak dari fakta ternyata On Yu Ri adalah anak haram Wakil Presdir dan Sung Joon juga anak hasil perselingkuhan. Keduanya bertemu dalam simpatik dan kemudian muncul rasa ingin saling melindungi, setelahnya lalu mengarah ke hubungan asmara (selingkuh). Sutradara seperti akan menceritakan bahwa kesalahan bukan pada niat namun situasi yang tidak terkendali.

Saat hawa nafsu, ketamakan dan keserakahan menguasai hati manusia, apa yang terjadi? Kehancuran. ya, sejak Jung Sun mengetahui fakta bahwa Sung Joon tak hanya menipunya, namun juga mengerjakan berbagai "pekerjaan kotor" Wakil Presdir, rasa muak dan perihnya menjadi-jadi. Jung Sun yang awalnya berniat memaafkan dan mempertahankan akhirnya goyah karena ternyata Sung Joon tak benar-benar berusaha memperbaiki pernikahan mereka. Sung Joon lah yang membuka pintu antara pelakor dan istrinya. Meski tetap dijelaskan pada akhirnya Sung Joon benar-benar menyesal telah menciderai istrinya Jung Sun yang tulus, cerdas, baik dan terhormat. Maka seperti kata pepatah, penyesalan selalu datang terakhir, kalau di awal-awal namanya pendaftaran. Hiks 😭😭

Jadi, seperti yang sudah Anda bayangkan, atau bisa jadi tidak, endingnya agak mudah, eh susah tertebak. Saya yakin penontonnya akan merasa puas dengan endingnya sebab dikisahkan dengan baik setiap bagian. Jika saya menyebutnya happy ending, tidak. Karena serius mulai dari eps 1-32 saya senyum, tertawa sadis, hingga menangis geregetan melihatnya. Konklusi dan pertimbangannya sangat bagus, cara Jung Sun mengambil kesimpulan juga bagus, namun tidak sepenuhnya saya benarkan. Menurut saya, ini hanya fiksi dan dalam kehidupan nyata, keputusan ini bisa dipertimbangkan kembali oleh kedua belah pihak. Memang benar, sekali pecah tidak bisa diperbaiki lagi. Namun jangan buru-buru mengakhiri pernikahan. Maafkan bilamana pesan saya ini sangat dangkal dan yang sudah mengalami jatuh bangun ini pasti lebih paham apa keputusan terbaik untuk dirinya sendiri. Intinya, drama ini mengajarkan cara membasmi pelakor dan meyakinkan kita untuk tidak julid dengan kehidupan orang lain. Kurangi hasrat yang egois, gosip, dan perbanyak introspeksi diri.


Poster VIP/ Source:KnnKoreanDrama.com
Nah, keunggulannya, di situasi yang pelik, kita masih dimanjakan dengan bagaimana profesional dan efisiennya tim VIP ini menangani Kliennya. Seru sekali melihat koleksi fashion dari desaigner terbaik korea yang menjadi dominan di sini. Saya termasuk pengagum fashion and beauty ala Korea, jadi penampilan ke-empat wanita yang muncul sebagai peran utama di VIP ini sungguh menyegarkan. Satu lagi, bab per bab episode ini punya ruh dengan penamaan yang unik. Yang terekam paling unik buat saya adalah ketika akhir bagi seseorang, namun juga awal bagi seseorang dan untuk Jung Sun yang tidak beruntung karena pengkhianatan Sung Joon, ternyata masih ada satu pria keren yang diam-diam tulus menyayanginya. Siapakah dia? Ah, nonton sendiri aja!

Nilai Plus : Fashion Eksklusif, Misterius, Menarik, Alur Ringkas dan Ending yang jelas.
Nilai Minus : Sebenarnya saya ingin tahu bagaimana kehidupan para konglomerat itu. Pengen room tour kamarnya, koleksi clozettenya, mobilnya, hartanya, tapi kalau diceritakan semua, ya mungkin judulnya udah beda kali ya.. hahaha

Nah, sekian pendapat saya soal Drama ini. Kamu sudah atau belum pernah nonton nih? Cerita di kolom komentar ya...


Ditulis oleh : Sakinah Annisa Mariz

1 comment

  1. Terima kasih sudah mampir dan berkomentar di blog saya. Blogwalking siap meluncur!

    ReplyDelete

Mohon tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih.

Literasi Digital