Review Drama Korea 100 Days My Prince 백일의 낭군님

 

#SakinahMenulis-Siapa di sini pecinta Boyband EXO? Yay, saya dan keluarga pasti teriak paling kencang. Do Kyung-soo alias D.O (member Exo) memang sangat cocok di dunia akting. Dari sekian banyak drama yang dibintanginya, 100 Days My Prince ini termasuk yang terbaik dan benar-benar menghibur hati para penggemar. Konsistensi dan talentanya di dunia seni peran sangat maksimal di drama ini, sampai-sampai saya berpikir kalau DO lebih cocok sebagai aktor dibanding penyanyi. Jinjja?

Judul        : 100 Days My Prince / Dear Husband of 100 Days (백일의 낭군님)
Genre      : Comedy Romance - Historical Colosal
Pemain    : Do Kyung soo/ D.O. Exo (sebagai Lee Yul / Na Won-deuk), Nam Ji-hyun (sebagai Yeon Hong-shim / Yoon Yi-seo), Kim Seon-ho (sebagai Jung Jae-yoon), Han So-hee (sebagai Kim So-hye Putri Mahkota), Kim Jae-young sebagai (Moo-yeon / Yoon Seok-ha)

Negara/Tahun Launching : Korea Selatan, 2018
Sutradara                         : Lee Jong-Jae
Penulis Naskah                : No Ji-sul
Eksekutif Produser           : Lee Sang-baek
Episode                            : 16 Eps
Skor 1-5                           : 5 Bintang

Para Pemain

Synopsis : Cerita ini berlatar belakang sejarah di Era Joseon, dimana ada seorang Putra Mahkota bernama Lee Yul (diperankan DO) yang hidup berkecukupan dan sempurna. Tekanan besar di istana menjadikannya sosok cerdas dan perfeksionis yang terkesan arogan. Pemerintahan Sang Raja (Ayah Lee Yul) yang kurang cakap, diam-diam memunculkan pemberontakan.

Untuk mencegah pemberontakan itu, Raja bersikeras menikahkan Putra Mahkota agar segera dilantik menggantikan Raja. Namun karena sikap arogannya, Lee Yul bertitah bahwa sebelum dia menikah, semua rakyat di Joseon yang sudah cukup umur harus dinikahkan lebih dulu. Karena itu, saat semua pengawal istana turun ke desa untuk menikahkan muda-mudi, para penjahat mengambil kesempatan untuk menculik dan membunuh Putra Mahkota demi menggulingkan Kekaisaran Raja.

Dalam pemberontakan itu, Putra Mahkota nyaris terbunuh. Berganti pakaian dengan pengawal pribadinya, pemberontak salah membunuh. Putra Mahkota selamat, namun terjatuh ke jurang dan terluka parah. Mayat pengawalnya pun dikubur atas nama Putra Mahkota, sementara Lee Yul diselamatkan oleh seorang penjaga Mercusuar, ayah angkat Hong Shim, gadis miskin yang bekerja apasaja, termasuk jadi detektif pribadi demi mendapatkan uang.

Hong Shim yang kuat dan serba bisa sangat membenci Putra Mahkota yang membuat aturan harus menikahkan semua muda-mudi di Joseon. Pasalnya, tak satu pria pun sesuai keinginannya. Mendapati seorang pria tak dikenal terbaring sakit di rumahnya, ayah Hong Shim punya ide untuk menikahkan saja putrinya dengan pria ini agar bebas dari titah Putra Mahkota. Hong Shim setuju dan dia pun menikah dengan Lee Yul yang lupa ingatan dan diberi nama Na Won-deuk. Rencananya, pernikahan ini hanya berlaku selama 100 hari untuk menghindari titah Putra Mahkota, setelahnya mereka bebas bercerai.

Perjalanan 100 hari kisah rumah tangga Na Won-deuk dan Hong Shim sangat menarik, kocak hingga mengharukan. Pertemuan Putra Mahkota dan anak mantan Pejabat Kerajaan ini melalui banyak lika-liku dan membuka luka lama. Berkat Lee Yul, Hong Shim bisa bertemu abang kandungnya yang sudah terpisah puluhan tahun. Berkat dia pula, dia bisa memulihkan statusnya sebagai Bangsawan. Namun untuk mencapai semua itu, ada banyak rintangan yang harus mereka lalui. Pemberontakan pada Sang Raja, pengkhianatan, pembunuhan dan kerusuhan terus terjadi mewarnai cerita. Tentu saja, ada potongan kisah masa kecil Lee Yul dan Yoon Yi-soo (nama kecil Hong Shim) yang membawa takdir cinta mereka.

Karakter Lee Yul yang diperankan DO sangat kuat. Sifat perfeksionis Putra Mahkota yang dingin dan angkuh, berubah 180 derajat dengan karakter Na Won-deuk yang tidak tahu apa-apa, miskin dan menempel pada Hong Shim. Aksinya bakal bikin penonton terpingkal-pingkal sekaligus menangis haru. Sebagai drama kolosal, 100 Days My Prince sukses besar dalam meraih hati penontonnya. Tidak hanya berbicara soal kudeta dan cinta, drama ini juga bisa menggambarkan kontrasnya kesenjangan sosial antara kehidupan Bangsawan dan rakyat kecil. Oh ya, di drama ini DO juga banyak beraksi laga lho.

Karakter Hong Shim yang cerdas, kuat dan berani, membuat penonton gemas. Ada juga bagian tentang kakaknya Yoon Seok-ha yang selama ini menghilang, ternyata punya kisah pilu sendiri bersama Putri Mahkota. Belum lagi cinta tak berbalas Jung Jae Yoon. Ah, lengkapnya silahkan tonton sendiri sampai selesai. Dijamin seru.

Nilai Plus : Kemasan film dan OST yang sangat bagus, ada Gummy, Chen Exo, Jinyoung B1A4 dan masih banyak penyanyi keren sebagai pengisi Soundtrack. Akting dan perkembangan karakter pemain dalam cerita membawa penonton larut. Meski drama ini kolosal, tapi kita dapat melihat selera fashion yang sangat detail. Hanbook yang dipakai Hong Shim saat akan bertemu kakaknya cakep sekali OMG. Saya sangat suka bagaimana Sutradara menggambarkan kisah cinta yang lucu namun penuh kepedihan. Plusnya lagi, meskipun drama ini dibuat tahun 2018, ternyata di tahun 2020 para aktor di sini banyak memulai debutnya seperti Han So-Hee yang terkenal Da-kyung pelakor di The Wolrd of Married, juga Moo Yeon yang terkenal di KBS dengan drama panjangnya ratusan episode, Beautiful Wolrd Wonderful Life.

Nilai Minus : Ada beberapa bagian klise seperti ternyata Hong Shim dan Lee Yul adalah cinta pertama di masa lalu. Soal takdir dan cinta masa lalu ini sepertinya punya mitologi tersendiri di Korea. Karena sering muncul dalam drama, saya merasa ini klise. Namun di film ini tidak masalah. Ending yang diakhirkan tidak terlalu jelas, namun kita bisa mereka-reka kemana arahnya. Bagi saya penyuka happy ending dan harus jelas ini agak mengganggu sebab nasib Jung Jae Yoon terlalu haru, huhu, namun tidak mengurangi esensi film ini.

Nah, sekian pendapat saya soal Drama ini. Kamu sudah atau belum pernah nonton nih? Cerita di kolom komentar ya...

Ditulis oleh : Sakinah Annisa Mariz

 

Ada bonus Foto Oppa DO Exo ;)

Annyeong, Oppa sedang sibuk wajib militer. Doain lancar yah!


5 comments

  1. Terima kasih sudah mampir dan beri komentar, but please do not ever add backlink in this post. You can write the text without url. Thanks.

    ReplyDelete
  2. Hore.. .👏 ini sih drakor kesukaan yura kk kina. Kisahnya lucu, sedih, gemesin, dan ada yg menegangkan juga loh. .. The best la pokoknya. Oiya kk kina yura tunggu kisah cerita drakor yg lain ya 🥰

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah keren, Yura sudah nonton ya. Siap, nantikan di bagian Resensi film lainnya ya Yura.. Makasih udah kemari

      Delete
  3. Jadi penasaran pngin nonton dramanya ini. Bagus ulasannya, saya suka bacanya. Trims

    ReplyDelete

Mohon tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih.

Literasi Digital