Review Drama Korea Crash Landing on You

#SakinahMenulis-Apa yang Anda pikirkan bila ternyata jodoh Anda berada di negara lain? Bukan sembarang negara pula, tapi negara yang sedang bersitegang dengan negara yang Anda tempati saat ini. Negara yang tak bisa dimasuki, apalagi penduduknya dilarang menjamah teknologi. Apakah Anda akan menyerah atau justru mati-matian memperjuangkannya?

Judul     : Crash Landing on You

Genre     : Drama - Romance - Comedy - Action (Military)

Pemain    : Hyun Bin (sebagai Kapten Ri Jeong-hyeok), Seo Ye-jin (sebagai Yoon Se-ri), Seo Ji-hye sebagai (Seo Dan) dan Kim Jung-hyun (sebagai Goo Seung-joon), Yang Kyung-Won (sebagai Pyo Chi-su), Lee Sin-Young (sebagai Park Kwang-beom), Yoo Soo-Bin (sebagai Kim Ju-meok), Tang Joon-Sang (sebagai Geum Eun-dong).

Negara/Tahun Launching : Korea Selatan, 2020

Sutradara              : Lee Jeong-hyo

Penulis Naskah     : Park Ji-eun

Episode                : 16 Eps 

Skor 1-5               : 4 Bintang ⭐⭐⭐⭐

Synopsis : Anak perempuan keluarga konglomerat di Korea Selatan (Korsel) mendadak terdampar di perbatasan Korea Utara (Korut) karena kecelakaan paralayang. Yoon Se-ri namanya, anak terakhir dari tiga bersaudara dimana kedua kakaknya sangat ingin merebut posisinya. Terlahir dari keluarga kaya raya, menjadikan Se-ri wanita independen yang sangat kompetitif untuk memenangkan perusahaan yang bakal diwariskan Ayahnya. Se-ri pun mengatur siasat agar bisa memenangkan warisan itu, tapi beberapa waktu sebelum pelantikannya, dia memutuskan untuk bersantai dengan bermain paralayang (paragliding). Se-ri tak menyangka, perjalanan liburannya berubah menjadi perjalanan yang mengubah drastis takdir hidupnya.

Saat melayang di langit, angin puting beliung menyambarnya dan menyebabkan Se-ri terseret hingga memasuki perbatasan negara Korea Utara. Parahnya, pos penjaga perbatasan itu sedang dikawal oleh Kapten Ri Jeong-hyeok yang terkenal disiplin dan gigih. Se-ri berusaha kabur, tapi ternyata anak buah Kapten Ri mengetahuinya dan mengira dia adalah mata-mata dari Korsel. Jadilah dia target pembunuhan para tentara perbatasan. Namun pada suatu ketika, Se-ri yang cerdik berhasil meluluhkan hati Kapten Ri sehingga dia bisa bersembunyi di Kamp Perumahan Tentara, dengan menyaru identitas Tunangan si Kapten (Seo Dan, putri pemilik Mall yang sedang kuliah di Rusia). 

Setiap kali Se-ri berupaya agar bisa kembali ke negaranya, selalu ada halangan yang menghadang. Ternyata itu adalah intrik dari Kakak keduanya Yoon Se-Hyeong (diperankan Park Hyoung-Soo) yang ingin Se-ri tewas di Korea Utara dan mengambil warisan miliknya. Mengetahui hal itu, Kapten Ri tak ingin Yoon Se-ri kehilangan posisinya, diam-diam dia dan keempat prajuritnya yang setia membantu kepulangan Se-ri melewati batas negara. Tentunya tidak mudah, adegan baku hantam kerap terjadi seperti di medan perang. Apalagi ada pejabat bernama Cho Cheol Gang yang selama ini memusuhi Ayah Kapten Ri, kedatangan Se-ri jadi peluang untuknya menghancurkan karir si Kapten. Di tengah kekacauan itu, mendadak Tunangan Kapten Ri (Seo Dan) pulang ke Korut. Sementara mantan pacar Se-ri yang pernah gagal menikah dengannya, Goo Seung-joon kabur ke Korea Utara karena jadi buronan interpol. Parah!

Meski drama ini terdengar tegang dan penuh ledakan senjata, namun perjalanannya cukup indah, kocak, dan haru. Empat karakter prajurit yang patuh pada Kapten Ri (Pyo Chi Su si narsis yang bodoh), (Kim Ju-meok yang hobi nonton drama Korsel), (Geum Eun-dong yang termuda dan paling miskin), serta (Park Kwang-beom yang paling normal diantara ketiganya, tidak banyak omong namun paling loyal dan tampan), membuat cerita ini selalu segar. Lalu persahabatan Se-ri dengan ibu-ibu di Kamp Tentara juga cukup menghibur. Drama ini punya kesan yang kuat sebab setiap karakter diperankan dengan baik oleh aktor dan aktrisnya.

Oh ya, ada juga kisah cinta beda negara antara Tunangan si Kapten dan mantan pacar Se-ri yang bikin penonton menangis bombay. Serta tokoh Jung Man-bok yang misterius diperankan dengan keren oleh Kim Young-min. Peran Ha Seok-jin sebagai Ri Mu-hyeok (Kakak Kapten Ri) juga oke. Tak usah khawatir dengan setting yang melulu hutan dan suasana Korut yang ditampilkan kontras dengan Korsel, karena bakal ada scene dimana Se-ri menunjukkan jati dirinya sebagai chaebol (konglomerat). 


CLOY, Ketika Jodohku Tiba-tiba Mendarat di Sini

Menurut saya sih, ketampanan Hyun Bin emang udah gak ada obat, hehehe 😆😋. Meski usianya makin dewasa, tapi di drama CLOY ini karakternya cocok sekali saat menjadi Kapten Ri yang introvert dan romantis. Kesan yang didapat saat dia mengenakan seragam tentara sangat kuat. Pembawaan Hyun Bin yang kalem dan elegan membuatnya cocok dengan karakter Yoon Se-ri yang lincah, cerdas dan unpredictable. Wajar saja film ini jadi ramai dibicarakan para artis hingga netizen.

Hal kedua yang menarik setelah tema dan penokohan, yaitu alur dan setting. Latar tempat yang menjadi lokasi syuting ini patut diacungi jempol. Selain mempertontonkan suasana mewah di Korsel, juga dapat membangun setting udik di Korut. Selain itu ada juga beberapa adegan yang diambil di luar negeri, seperti Swiss dan Mongolia. Tentunya dengan budget syuting yang besar ini, drama yang diproduksi juga berkelas dan monumental.

Nilai Plus : Meski mengusung tema 'Militer' dan 'Negara Asing', drama ini terbukti punya karakteristik tersendiri. Memang ada beberapa drama militer sejenis seperti King Two Hearts atau Descendants of The Sun, dll, namun pertarungan di CLOY lebih tertutup dan tidak seramai itu, sebab konflik bersifat internal antara Cheol Gang dan Keluarga Kapten Ri (tidak kolosal seperti drama militer pada umumnya). 

Nilai Minus : Saat kembalinya Yoon Se-ri ke Korsel, alur mulai melambat dan berputar-putar. Padahal banyak hal yang bisa dieksplorasi lebih oleh penulis, seperti saat tim prajurit Kapten Ri yang bertandang ke Gangnam. Seharusnya di situ dapat dibuat lebih banyak adegan konyolnya, sehingga tidak terkesan hati-hati sekali mendeskripsikan warga Korut. Namun kesemua kelemahan itu tertutupi dengan ending yang menyenangkan, meskipun ada part yang sad ending.

Begini pendapat saya tentang drama ini. Pemeran siapa yang paling menarik menurutmu? Tulis di kolom komentar ya.

Ditulis oleh : Sakinah Annisa Mariz

2 comments

  1. Terima kasih sudah mampir dan beri komentar, but please do not ever add backlink in this post. You can write the text without url. Thanks.

    ReplyDelete

Mohon tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih.

Literasi Digital