Pengalaman Kretek Tulang di Rumah Sehat AlFatih Medan

#SakinahMenulis-Ketika orang membandingkan antara sakit hati dengan sakit gigi, aku baru tahu, ternyata belum apa-apa dibandingkan dengan sakit pinggang. Sakit pinggang ini ternyata tak ada lawan. Bukan hanya nyeri dan buat tak nyaman, tapi aktivitasku pun jadi kacau karena susah bergerak apalagi berjalan. Gawat!
 
Ya, baru-baru ini aku mengalami sakit pinggang yang nyerinya itu di skala 4 dari 5. Nyeri parah sampai susah bangkit dan bergerak. Mulai dari leher kaku, hingga sendi-sendi yang nyeri saat akan digerakkan. Namanya saja sakit pinggang, tapi ternyata sakitnya bukan hanya di bagian pinggang. Namun juga menyerang tulang belulang yang ada di sekitarnya seperti tulang belakang, pangkal paha, lutut, bahkan telapak kaki. Tubuh bagian atasku juga terasa berat dan kaku. Tangan terasa lemah, ketika menggenggam benda gampang terjatuh. Ketik hape sebentar sudah kebas-kebas, seperti aliran darah kurang lancar. Fatalnya, saat aku membungkuk untuk memandikan anakku yang masih balita, aku bangkit tergesa tanpa memperhitungkan posisi badan. Saat itulah kudengar bunyi "klik" di tulang belakangku dan ketika kuupayakan untuk tegak, aku tak kuasa. Akhirnya anakku main air sendiri dan aku harus mengesot untuk keluar dari kamar mandi. Tentunya berakhir dengan adegan ibu dan anak yang sama-sama menangis. Duh, sakitnya 
benar-benar bikin kacau.
 

Malamnya, aku coba istirahat dengan tiduran. Kupikir paginya badanku akan lebih segar dan pulih. Ternyata tidak. Malah sakitnya naik level dan semakin susah bergerak. Aku pun panik dan tak tahu harus berobat kemana, apalagi saat itu sedang tanggal merah karena22 Long Weekend. Tak bisa kubayangkan harus menunggu berapa hari kemudian untuk ditangani ahlinya. Di saat itulah Jurus Searching di Mbah Google kulakukan. Hasilnya, aku melihat lokasi Kretek Tulang di Kota Medan yang reviewnya cukup bagus di Google Map.
 

Rumah Sehat Al Fatih (Ahli Tulang Belakang), demikian tertulis di sana. Aku pun segera mencari nomor kontak Whatsappnya. Ternyata saat kuhubungi, respon pegawainya sangat cepat. Aku bahkan bisa membuat janji temu untuk hari itu juga meski di kalender sedang tanggal merah. Setelah menjelaskan situasiku dan membuat janji, aku pun berangkat.
 
Perjalanan dari rumahku ke Rumah Sehat Al Fatih bisa dibilang lumayan jauh. Di saat itu yang kupikirkan adalah bagaimana caranya supaya nyeri pinggang ini sembuh. Sesampainya di sana, aku berbincang tentang kondisiku dengan terapisnya.
 

Bersyukurnya aku, khusus pasien perempuan ditangani oleh terapis perempuan. Tentunya ini poin penting bagiku. Apalagi terapisku sudah memang ahli di bidangnya. Tanpa ragu, aku pun mengikuti arahan terapis untuk dikretek.
 
Dengan posisi berbaring, kretek dimulai dari persendian tulang tangan, bahu, lalu ke belakang, pinggang, hingga kaki. Jujur, saat akan dikretek itu aku sempat khawatir akan sesakit apa. Ternyata saat aku dikretek, rasa sakitnya tidak seperti yang kupikir. Malah sangat nyaman dan aliran darah terasa lancar. Bunyi kretek-kretek pada sendi yang dibetulkan kembali letak duduknya sangat nyaman. Aku baru sadar kalau kakiku selama ini "panjang sebelah" karena posisi pertulangan yang tidak tepat.
 

Hal ini aku tahu dari perbincanganku dengan Kakak Terapis yang sangat ramah dan profesional. Dengan cekatan dan terampil dia menekuk tulang dan sendiku. Kretek, bunyinya gurih sekali terdengar dipadu dengan rasa nyaman, sepertinya tulang-tulangku kembali ke posisinya. Part terbaik itu di bagian tulang leher, khusus bagian kretek yang ini dilakukan langsung oleh Bapak Terapisnya. Dengan menggunakan Lipatan Kain (tanpa menyentuh kulit), kretek bagian leher ini membuat kita mengantuk. Oh iya, saat dikretek, kita juga diberi sesi istirahat 5-10 menit dari bagian ke bagiannya. Jadi prinsipnya tidak buru-buru dan jika ingin kesini, persiapkan waktu yang pas serta pakaian longgar yang nyaman. Aku sarankan memakai baju kaos longgar dan celana training. Untuk air mineral, disediakan di sana.
 

Selain Kretek Tulang, Rumah Sehat Al Fatih ini juga menyediakan berbagai layanan seperti bekam, fasdhu, dan mengobati berbagai permasalahan tulang dan sendi.
 

Demikian pengalamanku Kretek Tulang di Rumah Sehat Al Fatih. Saranku, buat janji lebih dulu sebelum kesana untuk memastikan jadwal terapisnya.
 

Kalau kamu sendiri, pernahkah mengalami masalah tulang (terkilir / patah / syaraf kejepit?
Sudah coba dikretek belum? Sharing di kolom komentar, yuk!
 
Ditulis oleh : Sakinah Annisa Mariz

5 comments

  1. Penasaran saya bu, karena sering lihat orang kretek kayaknya enak. Pengen coba minimal sekali seumur hidup pernah ngerasain. Banyak yang bilang memang nagih karena saya sering pegal di bagian bahu, saya seorang guru. Terima kasih infonya bu.

    ReplyDelete
  2. jujur awalnya takut mau kretek, tapi baca postingan ini jadi pengen. deket rumahku pula ini tempatnya. bakal aku datangi nih

    ReplyDelete
  3. Kebetulan pas br balik kampung gw nyetir berhari2 pinggang udh sakit bgt. Thx infonya, pdhal sering TST daerah Puri, dekat rupanya daerah Amaliun ini ya kk? Kita gas kan lah nnti

    ReplyDelete
  4. Bisa bisanya aku nugas soal tulang dan baca postingan ini terus kepingin juga dikretek. Makasih loh kak, otw save nomer kontaknya

    ReplyDelete
  5. How much, Kina?

    Btw, pernah juga beberapa kali gitu, tiba2 pas bangkit, kek ada bunyi klik di daerah pinggang... Kontak terus ke otak, abis tu seluruh tulang n otot jadi kek lemas, teduduk berlutut langsung.

    Biasanya beberapa hari sebelumnya kayak yg kerja ngangkat2 agak berat atau berkegiatan tukang kebun yg agak berat gitu, kayak nyangkol, nyekop, dkk.

    So far cukup istirahat 3 hari kayak bedrest gak ngapain n banyak2 minum air putih. Lama2 baik sendiri. Tapi ya gitu... Nyerinya ampun.

    Btw, apakah yg kejadian Kina itu, ada pengaruhnya sama kondisi kaki yang ternyata panjang sebelah itu?

    ReplyDelete

Mohon tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih.

Literasi Digital