Review Drama Korea Your House Helper

#SakinahMenulis-Siapa yang tak suka suasana rumah yang bersih, rapi, teratur dan menenangkan? Hampir semua orang menginginkannya. Namun tidak semua orang mampu melakukannya karena kesibukan pekerjaan, tidak ingin repot, merasa nyaman dengan kondisi sekarang, hingga tidak punya pengalaman bebersih. Nah, drama adaptasi dari Webtoon ini cocok sekali buat yang punya antusias soal beres-beres rumah. Memberikan tips bebersih dan ditampilkan dalam cerita segar, menarik dan tentunya romantis!

Judul        : Your House Helper (Dangshinui Hawooseuhelpeo)
Genre      : Drama - Romance - Profession - Slice of Life
Pemain   : Ha Seok-jin (sebagai Kim Ji-woon), Bona (sebagai Im Da-young), Lee Ji-hoon (sebagai Kwon Jin-kook), Go Won-hee (sebagai Yoon Sang-ah), Jeon Soo-jin (sebagai Kang Hye-joo), Seo Eun-ah (sebagai Han So-mi).
Negara/Tahun Launching : Korea Selatan, 2018
Sutradara             : Jeon Woo-Sung
Penulis Naskah    : Kim Ji-Sun, Seung Jung-Yeon (Webtoon)
Episode                : 32 Eps
Skor 1-5               : 4 Bintang

Synopsis : Bercerita tentang kisah hidup seorang pria bernama Kim Ji-woon sebagai Pembantu Rumah Tangga (House Helper). Ji-woon adalah sosok idealnya pria, berasal dari keluarga kaya, tampan, cerdas, dan profesional. Ji-woon sangat menyukai pekerjaannya sebagai House Helper dan menolong banyak orang keluar dari masalahnya. Namun jika ingin menjadi kliennya, Ji-woon sangat pemilih. Karena dia tidak hanya membantu membereskan rumah, dia juga membantu orang lain menata kembali hidup yang sudah morat-marit akibat kondisi rumah yang kotor berantakan.

Suatu kali, secara tak sengaja Ji-woon bertemu seorang perempuan yang joroknya luar biasa. Im Da-young adalah satu-satunya yang tersisa dari Ayah Arsitek yang punya rumah besar di seberang rumah klien Ji-woon. Sejak Orangtua Da-young meninggal, gadis ini terpaksa hidup sebatang kara di rumah Itu. Pekerjaannya sebagai pegawai magang (internship) membuatnya sibuk dan lelah sampai-sampai tak pernah beberes. Kondisi yang sangat parah ini memuncak saat Da-young jatuh sakit akibat kejorokannya sendiri sehingga dia butuh pertolongan Ji-woon.

Tak hanya Da-young yang bermasalah, ketiga sahabatnya bahkan lebih parah. Mereka masing-masing bernama Yoon Sang-ah, Kang Hye-joo, dan Han So-mi.

  • Yoon Sang-ah adalah seniman perhiasan yang mendadak bangkrut karena Direktur Perusahaannya jadi buronan polisi. Dia yang terbiasa hidup glamour selayaknya artis, kini miskin dan harus membanting tulang mencari nafkah dengan membuat banyak perhiasan. Diperankan si cantik Go Won-hee, karakter ini jadi seru dan kocak. (baca juga : Drama lain Go Won-hee)
  • Kang Hye-joo si gadis tomboy penjual perhiasan di pasar. Dia punya toko dan bekerja keras dengan seorang pria yang disukainya. Pria itu sudah dianggapnya seperti pacarnya sendiri. Ternyata, suatu hari dia menemukan fakta lain dibalik kebaikan pria yang dicintainya ini. 
  • Han So-mi yaitu satu-satunya yang paling normal dari ketiga wanita ini. Kehidupannya bersih dan teratur, tapi sayang, So-mi sangat trauma pada laki-laki. Tak bisa berkomunikasi langsung bahkan segala urusan yang berhubungan dengan pria dia membencinya. Sehingga banyak pekerjaannya terbengkalai karena ketidakmampuannya mengatasi situasinya sendiri.

Sang-ah, Hye-joo dan So-mi bersahabat dengan Da-young di SMA, namun hubungan keempatnya menjadi retak seiring mereka dewasa. Ternyata takdir membawa mereka untuk indekost di rumah besar Da-young dan menata kembali hidup mereka.

Sementara itu, Pengacara Kwon Jin-Kook sudah lama jatuh cinta pada Sang-ah, tapi dia tak bisa mengekspresikan perasaannya karena berpikir wanita itu terlalu eksklusif. Dia sibuk mencari cara untuk bertemu Sang-ah, kekonyolan aktor Lee Ji-hoon menjadi komedi di drama ini.


Your House Helper: Cleaning Your House and Solving Your Problem

Sebagai orang yang sangat suka bersih-bersih, saya sangat geregetan menonton drama ini. Ada potongan adegan before-after saat Ji-woon beberes buat saya sangat menyenangkan. Saya suka drama slice of life yang mengangkat tema kebersihan ini. Awalnya saya mengira drama ini cukup sederhana, hanya sekedar merapikan dan membersihkan rumah. Toh saya bisa menonton versi nyatanya di Youtube, pikir saya. Ternyata beda. Sangat berbeda. Drama ini tak hanya memberikan pengalaman bebersih-menata rumah, namun juga menunjukkan betapa kebersihan rumah itu sangat berkaitan (relate) dengan kehidupan pemiliknya sehari-hari.

Baiti Jannati (Rumahmu Syurgamu), konsep Islam dalam menggambarkan situasi ini. Rumah sebagai tempat perlindungan manusia yang perlu dipersiapkan, ditata, agar manusia menjadi nyaman hidup di dalamnya. Selain itu, rumah juga menjadi identitas pemiliknya. Dari mulai pekarangan hingga halaman belakang, semua mencerminkan kehidupan penghuninya. Maka tak heran, semakin mapan ekonomi seseorang tampak dari bangunan huniannya. Keselerasan ini juga tampak saat bagaimana seseorang hidup di dalam rumahnya. Drama ini membantu kita mengenali kembali diri kita, dari cara kita memperlakukan rumah, serta berlaku di dalam rumah.

Ji-woon selaku tokoh sentral dalam drama ini punya karakter kuat. Dengan pengalamannya, dia mampu melihat hal-hal yang mungkin selama ini sudah orang lupakan saat berada di rumah. Kemunculan empat karakter perempuan ini membawa cerita dengan menarik dan cocok ditonton santai dengan story telling yang lumayan bikin penasaran. Karakter ideal Ji-woon membantah habis-habisan teori bahwa beberes rumah adalah keahliannya wanita, memasak adalah tugas domestiknya para istri, dan isu-isu gender lainnya yang mengkotak-kotakkan pekerjaan ataupun profesi.

Di sini, Ji-woon merepresentasikan kemampuan berbenahnya sebagai kompetensi dari sebuah profesi bergengsi. Sehingga stereotipe tentang pekerjaan dari Asisten Rumah Tangga (ART), Pembantu Rumah Tangga (House Helper) yang selama ini dipandang remeh (atau rendah), menjadi penting dan berharga.

Nilai Plus : Drama ini diisi dengan jalan cerita sederhana, tapi menarik. Ada selipan informasi tentang kebersihan dengan pendekatan yang positif. Tidak menghakimi dan tidak memaksa orang harus bertindak seperti yang diinginkan karakter Ji-woon. Cara penulis meyakinkan penontonnya bahwa rapi itu indah, ditampilkan sangat baik.

Nilai Minus : Drama ini berdurasi panjang, ada 32 episode. Setiap scene diisi dengan kejadian-kejadian yang berkaitan dengan kebersihan dan penanganannya. Namun di bagian menuju akhir, ada kejadian sebab akibat tentang kehidupan Ji-woon sebelumnya. Menurut saya part itu sangat membosankan (karena saya fokus di kisah cintanya yang sekarang), namun tidak terlalu masalah karena akhirnya ditutup dengan baik.

Begini pendapat saya tentang drama ini. Kamu sudah pernah nonton belum?

Ditulis oleh : Sakinah Annisa Mariz

1 comment

  1. Terima kasih sudah mampir dan beri komentar, but please do not ever add backlink in this post. You can write the text without url. Thanks.

    ReplyDelete

Mohon tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih.

Literasi Digital